PENCURIAN SUKOHARJO : Dimassa di Manang, Sepeda Motor Pencuri Dibakar Warga

PENCURIAN SUKOHARJO : Dimassa di Manang, Sepeda Motor Pencuri Dibakar Warga

SOLOPOS.COM - Warga berkerumun menyaksikan pembakaran sepeda motor pelaku di Manang, Sukoharjo, Sabtu (22/10/2016). (Facebook/Ibnu)

Dugaan pencurian Sukoharjo membuat warga Manang melakukan aksi massa terhadap warga Karanganyar.

Solopos.com, SUKOHARJO — Aksi amuk massa menimpa seseorang bernama Sutanto, 31, Sabtu (22/10/2016). Peristiwa yang menimpa warga Desa Tugu, Kecamatan Jumantono, Kabupaten Karanganyar itu terjadi di wilayah Manang, Kecamatan Grogol, Kabupaten Sukoharjo.

Pelaku (duduk) yang diduga hendak mencuri sepeda motor warga di Manang, Sukoharjo, Sabtu (22/10/2016). (Facebook/Arif Wibowo)
Pelaku (duduk) yang diduga hendak mencuri sepeda motor warga di Manang, Sukoharjo, Sabtu (22/10/2016). (Facebook/Arif Wibowo)

Tak ada korban jiwa tetapi Sutanto menderita luka dan sepeda motor yang dikendarainya dibakar. Kapolsek Grogol, AKP Sarwoko mewakili Kapolres Suloharjo, AKBP Ruminio Ardano saat mengonfirmasi, menyatakan pelaku diamankan polisi untuk menghindari kejadian yang lebih fatal.

“Pelaku diduga mencoba melakukan tindak pencurian sepeda motor (curanmor) di Dukuh Babad Baru, Desa Manang, Grogol. Pelaku sudah diamankan dari warga sudah berkerumun di lokasi. Polisi saat itu melakukan patroli dan melintas di ruas jalan tersebut.”

Menurutnya mobil patroli melintas karena ingin melakukan pengamanan ke sebuah kegiatan olahraga di desa lain. Informasi lain yang diperoleh Solopos.com, peristiwa itu terjadi pukul 15.00 WIB.

Sepeda motor yang akan dilarikan pelaku adalah milik Rudi Nur Arifin, 29, warga Dukuh Tangkil Baru, Desa Manang, Kecamatan, Grogol, Sukoharjo. Sepeda motor berpelat nomor AD 2481 DV coba dibawa kabur pelaku saat diparkir di pinggir jalan.

Peristiwa percobaan curanmor bermula dari pertemuan antara korban dengan pelaku sekitar pukul 14.45 WIB. Antara keduanya tak saling kenal tetapi menjadi akrab setelah pelaku Sutanto menyatakan kehabisan bahan bakar minyak jenis bensin. Mendengar penuturan pelaku korban Rudi menjawab akan memberinya uang untuk membeli bensin.

Warga berkerumun menyaksikan pembakaran sepeda motor pelaku di Manang, Sukoharjo, Sabtu (22/10/2016). (Facebook/Ibnu)
Warga berkerumun menyaksikan pembakaran sepeda motor pelaku di Manang, Sukoharjo, Sabtu (22/10/2016). (Facebook/Ibnu)

“Korban Rudi pulang ke rumah untuk mengambil cleaner kaburator terlebih dahulu. Sesampai di tempat sepeda motor parkir korban mendapat cerita dari ayah kandungnya yang bernama Wahyudi Ipung, 53 bahwa sepeda sepeda motor miliknya diutak-atik pelaku saat korban pulang ke rumah. Sepeda motor diutak-atik dengan kunci yang dipinjam dari saksi Juwari,” kata Kapolsek.

Korban Rudi mencoba mencari informasi kepada pelaku mengenai alasan mengutak-atik sepeda motornya. Diperoleh jawaban bahwa pelaku kehabisan bensin dan diduga ingin meminta bensin di sepeda motor.

“Cekcok mulut diketahui warga sekitar yang datang mengeroyok pelaku tetapi pelaku Sutanto diamankan korban Rudi dan saksi Wahyudi dan Juwari sehingga terhindar dari amuk massa yang lebih parah. Pelaku diserahkan ke polisi dan diamankan di Polsek Grogol.”

Walau pelaku aman tetapi sepeda motor yang ditumpangi pelaku dibakar massa. Kapolsek menjelaskan masih mendalami modus pelaku. “Keterangan pelaku masih labil dan membingungkan penyidik. Misalkan menyebutkan nama alamatnya di Karanganyar setelah penyidik berkoordinasi dengan polsek setempat nama yang disebut pelaku tidak ada. Pelaku diamankan di Polsek Grogol untuk mendalami modusnya.

Berita Terkait

Berita Terkini

Kabar Duka, Mantan Bupati Kulonprogo Toyo Santoso Dipo Tutup Usia

Mantan Bupati Kulonprogo Toyo Santoso Dipo tutup usia ada Sabtu (31/7/2021) sekitar pukul 17.51 WIB di Rumah Sakit Bethesda.

Dapat Keluhan PPKM Diperpanjang dari Pedagang, Begini Jawaban Satpol PP Wonogiri

Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP) Kabupaten Wonogiri menerima beberapa keluhan dari sejumlah pedagang terkait perpanjangan PPKM.

Telan Anggaran Rp18,3 Miliar, Gedung MPP Sukoharjo Mulai Dibangun

Gedung Mal Pelayanan Publik atau MPP Sukoharjo mulai dibangun oleh pemenang lelang dengan nilai kontrak Rp18,3 miliar.

KAI Hadirkan Corak Lokomotif Khusus Meriahkan HUT ke-76 RI, Ini Tampilannya

PT KAI memeriahkan peringatan HUT ke-76 Kemerdekaan Indonesia dengan memasang livery khusus pada lokomotif dan kereta serta ornamen lainnya.

Innalillahi, Anggota Satpol PP Wonogiri Meninggal karena Covid-19

Kabar duka datang dari Satpol PP Wonogiri. Salah satu anggota Satpol PP Wonogiri, Jaka Prihanta, meninggal dunia karena terpapar Covid-19, Sabtu (31/7/2021).

Anthony Ginting Gagal Melaju Final

Anthony Ginting gagal melaju ke final Olimpiade Tokyo 2020

Balap Liar di Jalan Ahmad Yani Sukoharjo, 33 Pemuda Dicokok Polisi

Tim Pandawa Polres Sukoharjo membubarkan aksi balap liar di Jalan Ahmad Yani, Kartasura pada Minggu (1/8/2021) dini hari WIB.

Kasus Covid-19 di Boyolali Menurun, Sudah Sepekan di Zona Kuning

Sudah sejak sepekan terakhir, Kabupaten Boyolali berada di zona risiko rendah atau zona kuning terkait persebaran Covid-19.

Lezatos! Sambal Tumpang Sorsi Kuliner Andalan di Sragen, Cuma Rp5.000 Hlo

Saat berkunjung ke Kabupaten Sragen jangan sampai melewatkan kuliner legendaris, sambal tumpang sorsi yang murah dan lezat.

Berpotensi Untung Besar, Pemuda Wonogiri Isi Waktu Luang dengan Budidaya Porang

Para pemuda di Wonogiri mulai tertarik membudidayakan porang karena tanaman itu dinilai mempunyai keunggulan lebih dibandingkan tanaman lain.

Anthony Ginting Gagal ke Final Olimpiade 2020, Masih Berpeluang Raih Perunggu

Tunggal putra Indonesia, Anthony Sinisuka Ginting, gagal melaju ke babak final cabang olahraga bulu tangkis nomor tunggal putra Olimpiade Tokyo 2020.

Warga di Masaran Sragen Kenakan Jas Hujan Saat Memandikan & Memakamkan Jenazah, Biar Aman

Kisah unik tentang warga Desa Jirapan, Masaran, Sragen, yang memandikan dan memakamkan jenazah salah seorang perangkat desa memakai jas hujan agar aman dari penularan Covid-19.