Pencurian Sragen: Dua Bocah Pelaku Pencurian akan Jalani Diversi

 Solopos Digital Media - Panduan Informasi dan Inspirasi

SOLOPOS.COM - Solopos Digital Media - Panduan Informasi dan Inspirasi

Solopos.com, SRAGEN—Dua bocah sekolah dasar (SD) asal wilayah Kecamatan Gondang, Sragen, Ag, 13, dan AS, 12, akan menjalani diversi atau pengalihan penyelesaian perkara anak dari proses peradilan pidana ke proses di luar peradilan pidana. Diversi tersebut diatur dalam UU No. 11/2012 tentang Sistem Peradilan Pidana Anak.

“Ya, penanganan kasus dugaan pencurian yang dilakukan dua bocah asal wilayah Kecamatan Gondang itu akan diselesaikan lewat diversi,” ujar Kasatreskrim AKP Yuli Munasoni mewakili Kapolres Sragen AKBP Arif Budiman saat dihubungi Solopos.com, Jumat (6/4/2018).

Yuli tidak menjelaskan upaya diversi yang dilakukan itu pada tahap penyidikan, penuntutan, atau di Pengadilan Negeri (PN). Dia belum bisa menjelaskan karena masih dinas di Jakarta.

Petugas Pendampingan Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak Dinas Pengendalian Pendudukan Keluarga Berencana Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (DPPKBPPPA) Sragen, Dyah Nursari, saat berbincang dengan Solopos.com di ruang kerjanya, Jumat siang, mengaku sudah mendapat kabar kasus dua bocah yang diduga mencuri motor itu dari pihak Polres Sragen. Ia mengira bila dua bocah itu sudah berusia sekolah menengah pertama (SMP). Ia terkejut ternyata dua bocah itu berstatus sebagai pelajar SD.

Dyah ingat pada 2016 pernah ada kasus dengan modus serupa seperti yang dilakukan dua anak itu tetapi locus delicty kasus itu ada di Karanganyar dan berakhir dengan diversi. “Kasus dua bocah di wilayah Kecamatan Gondang itu sama persis dengan kasus 2016, yakni sama-sama berawal dari Penemuan kunci. Dengan kunci itu ada kesempatan untuk mencoba-coba. Sebenarnya anaknya baik dan memang dari keluarga tidak mampu. Yang saya baca di berita, kasus dua bocah itu juga dari keluarga kurang mampu dengan alasan ingin membeli ponsel,” ujar Dyah.

Dyah menyatakan DPPKBPPPA Sragen akan mendampingi anak itu dengan berkunjung ke rumahnya dalam waktu dekat. Dyah sepakat kasus itu diselesaikan lewat diversi karena ancamannya kurang dari lima tahun dan si anak baru sekali melakukan perbuatan seperti itu.


Berita Terkait

Espos Premium

Berita Terkini

Jangan Lupa Sob! Doa Saat Hujan Turun Agar Mendapat Keberkahan

Saat hujan turun juga dianjurkan membaca doa untuk mendapatkan keberkahan dan terhindar dari mara bahaya.

Jelang Pra-IPO, GoTo Dapat Guyuran Dana Rp5,64 Triliun dari Abu Dhabi

GoTo Group, menandatangani perjanjian dengan anak usaha Abu Dhabi Investment Authority (ADIA) dengan investasi senilai Rp5,64 triliun atau US$400 juta.

Solopos Hari Ini: Klaster Sekolah Meluas, Korban Pinjol Tak Harus Bayar

Temuan klaster penularan Covid-19 di sekolah tempat penyelenggaraan pembelajaran tatap muka (PTM) di Kota Solo meluas hingga ke jenjang SMP.

Universitas Ruang Paling Moderat untuk Mencegah Radikalisme Ekstrem

Universitas adalah salah satu institusi paling penting untuk menjadi penengah tanpa kepentingan ideologis. Kurikulum dan tim pengajar menjadi kunci mewujudkan moderasi di universitas.

Ada Banjir, Pengantin Ini Tumpangi Panci Jumbo ke Tempat Resepsi

Sepasang pengantin melakukan aksi unik dengan menumpangi panci jumbo saat hendak ke lokasi pernikahan.

Akhirnya Aurel Hermansyah Ketemu Raul Lemos, Netizen Ikut Bahagia

Aurel Hermansyah akhirnya bertemu dengan papa tirinya, Raul Lemos ditemani oleh Atta Halilintar. Netizen ikut berbahagia.

10 Berita Terpopuler: Atap Serambi Masjid Runtuh dan Kabar Persis Solo

Kabar atap serambi Masjid Besar Al Furqon Nguter di Jalan Sukoharjo-Wonogiri tiba-tiba ambruk, Rabu (20/10/2021) dan Persis Solo menjadi berita terpopuler di Solopos.com, Kamis (21/10/2021).

Duh! Anthony Ginting Mundur dari Denmark Open 2021, Ini Penyebabnya

Tunggal putra Indonesia Anthony Sinisuka Ginting memutuskan untuk mundur dari kejuaraan Denmark Open 2021.

Begini Kondisi 16 Ekor Sapi dalam Kebakaran di Kladungan Sragen

Ke-16 ekor sapi itu berhasil dievakuasi warga dari empat kandang sapi yang yang hangus terbakar.

Diterjang Angin Kencang, Empat Rumah Warga Sukodono Sragen Rusak

Hujan disertai tiupan angin kencang mengakibatkan empat rumah di Dukuh Pare, Desa Baleharjo, Kecamatan Sukodono, Sragen, mengalami rusak pada bagian atap.

Deddy Corbuzier Disomasi Pekerja Sosial, Nikita Mirzani Angkat Bicara

Nikita Mirzani juga angkat bicara mengenai Deddy Corbuzier yang disomasi oleh Propeksos. Bagaimana tanggapannya?

Antam Naik! Cek Harga Emas Pegadaian, Kamis 21 Oktober 2021

Harga emas 24 karat yang dijual di Pegadaian pada Kamis (21/10/2021)  hari ini tidak berubah untuk cetakan UBS, namun naik untuk cetakan Antam.

Menari Bermasker di Pendapa Bupati Wonogiri Jadi Tantangan Tersendiri

Menari memakai masker adalah tantangan tersendiri karena membuat ngos-ngosan atau sulit bernapas.

4 Bahan Kimia Ini Harus Dicoret dari Produk Kecantikan

Ada sejumlah bahan kimia di produk kecantikan yang bisa berdampak buruk terhadap kesehatan tubuh.

Pemadaman Listrik Karanganyar Hari Ini (21/10/2021), Daerah Mana Saja?

Berikut jadwal pemadaman listrik di Karanganyar hari ini, Kamis (21/10/2021) yang berlangsung selama tiga jam. Ini daerah yang terdampak.

Objek Wisata Dibuka, Desa Conto Wonogiri Ramai Didatangi Wisatawan

Kali terakhir objek wisata ini banyak didatangi pengunjung pada momen libur Hari Maulid Nabi Muhammad SAW, Rabu (20/10/2021).