SOLOPOS.COM - Ilustrasi penangkapan (JIBI/Solopos/Dok)

Pencurian Solo terjadi di Dawung, Danukusuman, Serengan.

Solopos.com, SOLO–Agustinus, 36, warga Mojosongo, Jebres, Solo ditangkap Polsek Serengan setelah mencuri sepeda milik warga Kampung Dawung, Danukusuman, Serengan, Senin (25/7/2016).

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Kapolresta Solo, Kombes Pol. Ahmad Luthfi, melalui Kanit Reskrim Polsek Serengan, AKP Suyono, mengatakan kejadian tersebut terjadi sekitar pukul 19.00 WIB bermula pelaku mengamen di rumah korban, Lisdianta. Setelah mengamen selama 5 menit pemilik rumah tidak kunjung keluar rumah memberikan uang kepada pelaku.

Ekspedisi Mudik 2024

“Pelaku melihat sepeda merek Polygon milik korban diparkir di depan teras rumah tanpa dikunci langsung dibawa lari. Aksi pelaku diketahui tetangga korban dan langsung menangkap pelaku,” ujar Suyono saat ditemui wartawan di ruang kerjanya, Rabu (27/7/2016).

Suyono mengatakan warga lainnya yang mengetahui ada pencurian sepeda langsung ikut emosi dan mengajar pelaku. Mendapati laporan tersebut anggota polisi Polsek Serengan datang ke lokasi kejadian untuk menyelamatkan korban dari amukan massa.
“Kami langsung membawa pelaku ke Mapolsek untuk ditahan dan serta dimintai keterangan,” kata dia.

Pengakuan pelaku, lanjut dia, sudah lima kali mencuri barang-barang berharga milik warga di wilayah Laweyan, Jebres, dan Banjarsari, tetapi baru kali ini ketangkap. Modus pelaku dalam melakukan aksinya berpura-pura menjadi pengamen untuk mencari sasaran.

“Kami mengamankan barang bukti berupa satu unit sepeda polygon senilai Rp2,5 juta hasil curian pelaku,” kata dia.

Ia mengatakan pelaku dijerat Pasal 363 tentang Pencurian Dengan Pemberatan dengan ancaman hukuman penjara 5 tahun.

Sementara itu, Kapolsek Serengan, Kompol Bowo Haryanto, mengimbau kepada warga di Serengan untuk lebih berhati-hati mengamankan barang berharga di rumah. Ia meminta warga untuk tidak main hakim sendiri jika menangkap pelaku kejahatan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya