PENCURIAN SOLO : Marak Pencuri, Warga Jebres Pasang CCTV

PENCURIAN SOLO : Marak Pencuri, Warga Jebres Pasang CCTV

SOLOPOS.COM - CCTV terpasang di sebuah tiang listrik di RW 015, Kelurahan Jebres, Jebres, Jumat (21/10/2016). (Cahyadi Kurniawan/JIBI/Solopos)

Pencurian Solo belakangan kian dikeluhkan masyarakat.

Solopos.com, SOLO — Aksi pencurian yang kerap terjadi di RW 015 Kelurahan Jebres mendorong warga memasang closed-circuit television (CCTV) di sejumlah tikungan dan persimpangan jalan kampung. Sebanyak 16 kamera terpasang di delapan persimpangan dan tikungan sejak 2015 lalu.

Ketua RT 001/RW 015, Suroso Roso Santoso, mengatakan sebelumnya, kasus pencurian dan kehilangan motor dan laptop kerap menimpa penghuni kos di wilayah RW 015. Dalam sepekan bisa terjadi hingga dua kasus.

“Dari situlah lalu Pak Joko Tri Warno [Ketua RW 015] mengusulkan pemasangan CCTV di setiap persimpangan dan tikungan jalan. Semua biaya pemasangan CCTV ditanggung oleh Pak RW,” kata Suroso, saat ditemui Espos, di Masjid Al Firdaus, Kampung Gendingan RW 015, Kelurahan Jebres, seusai salat Jumat (21/10/2016).

Suroso menuturkan sejak pemasangan CCTV tersebut jumlah kasus pencurian dan kehilangan berkurang drastis. Dalam sepekan hanya terjadi satu kasus.

Pada kesempatan yang sama, Sekretaris RW 015, A. L. Suparno, mengatakan selain pemasangan CCTV, warga juga mendirikan Kelompok Sadar Kamtibmas (KSK). KSK berjumlah 15 personel berasal dari sukarelawan para warga.

“KSK ini rutin patroli. Setiap malam pukul 22.00 WIB mereka memantau ke seluruh kos-kosan sebab jam bertamu selesai. KSK tak hanya mengurusi keamanan, mereka juga aktif bergerak saat ada kematian atau hajatan,” kata Suparno.

Tak hanya itu, setiap malam pukul 22.00 WIB seluruh akses masuk ke kampung Gendingan RW 015 ditutup. Hanya satu pintu yang dibuka yaitu jalan Mendung 3. Pintu kembali dibuka pada pukul 05.00 WIB.

Suparno mengatakan di wilayahnya terdapat sekitar 50 kos-kosan dengan jumlah penghuni mencapai sekitar 750 orang baik mahasiswa maupun pekerja. Jumlah warga RW 015 sendiri sebanyak 343 jiwa.

Operator CCTV, Sri Yanto, mengatakan ruang kontrol ada di dua tempat yakni di rumahnya dan di rumah ketua RW. Menurutnya, jumlah CCTV yang dipasang masih kurang 8 titik lagi untuk sebagian wilayah RT 002.

“Selain itu, kadang ada kendala kalau hujan. Kamera mati karena lembab atau ada kabel yang putus. Selama ini operasional dan kebutuhan perbaikan juga ditanggung oleh Ketua RW,” kata Yanto, panggilan akrabnya.

Salah satu penghuni kos di RW 015, Minarti, mengatakan tempat kos yang ia tinggali selama ini aman. Tak pernah menjumpai ada kasus pencurian atau kehilangan benda berharga. “Dulu dua tahun lalu pernah ada tapi sekarang sudah enggak. Sini aman kok,” kata dia saat ditemui Solopos.com, Jumat.

Hal senada juga diungkapkan Siti Rohana, mahasiswi Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Sebelas Maret (UNS). Kendati ia tak mengetahui ada CCTV di lingkungan kos yang ia tempati, ia merasa situasi di sana aman. “Selama ini aman-aman saja. Enggak pernah ada kasus pencurian atau lainnya,” tutur Rohana.

 

Berita Terkait

Berita Terkini

Dapat Keluhan PPKM Diperpanjang dari Pedagang, Begini Jawaban Satpol PP Wonogiri

Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP) Kabupaten Wonogiri menerima beberapa keluhan dari sejumlah pedagang terkait perpanjangan PPKM.

Telan Anggaran Rp18,3 Miliar, Gedung MPP Sukoharjo Mulai Dibangun

Gedung Mal Pelayanan Publik atau MPP Sukoharjo mulai dibangun oleh pemenang lelang dengan nilai kontrak Rp18,3 miliar.

KAI Hadirkan Corak Lokomotif Khusus Meriahkan HUT ke-76 RI, Ini Tampilannya

PT KAI memeriahkan peringatan HUT ke-76 Kemerdekaan Indonesia dengan memasang livery khusus pada lokomotif dan kereta serta ornamen lainnya.

Innalillahi, Anggota Satpol PP Wonogiri Meninggal karena Covid-19

Kabar duka datang dari Satpol PP Wonogiri. Salah satu anggota Satpol PP Wonogiri, Jaka Prihanta, meninggal dunia karena terpapar Covid-19, Sabtu (31/7/2021).

Anthony Ginting Gagal Melaju Final

Anthony Ginting gagal melaju ke final Olimpiade Tokyo 2020

Balap Liar di Jalan Ahmad Yani Sukoharjo, 33 Pemuda Dicokok Polisi

Tim Pandawa Polres Sukoharjo membubarkan aksi balap liar di Jalan Ahmad Yani, Kartasura pada Minggu (1/8/2021) dini hari WIB.

Kasus Covid-19 di Boyolali Menurun, Sudah Sepekan di Zona Kuning

Sudah sejak sepekan terakhir, Kabupaten Boyolali berada di zona risiko rendah atau zona kuning terkait persebaran Covid-19.

Lezatos! Sambal Tumpang Sorsi Kuliner Andalan di Sragen, Cuma Rp5.000 Hlo

Saat berkunjung ke Kabupaten Sragen jangan sampai melewatkan kuliner legendaris, sambal tumpang sorsi yang murah dan lezat.

Berpotensi Untung Besar, Pemuda Wonogiri Isi Waktu Luang dengan Budidaya Porang

Para pemuda di Wonogiri mulai tertarik membudidayakan porang karena tanaman itu dinilai mempunyai keunggulan lebih dibandingkan tanaman lain.

Anthony Ginting Gagal ke Final Olimpiade 2020, Masih Berpeluang Raih Perunggu

Tunggal putra Indonesia, Anthony Sinisuka Ginting, gagal melaju ke babak final cabang olahraga bulu tangkis nomor tunggal putra Olimpiade Tokyo 2020.

Warga di Masaran Sragen Kenakan Jas Hujan Saat Memandikan & Memakamkan Jenazah, Biar Aman

Kisah unik tentang warga Desa Jirapan, Masaran, Sragen, yang memandikan dan memakamkan jenazah salah seorang perangkat desa memakai jas hujan agar aman dari penularan Covid-19.

Kabar Baik, BOR Rumah Sakit Covid-19 di Karanganyar Mulai Turun

Tingkat keterisian tempat tidur atau bed occupancy rate (BOR) di sejumlah rumah sakit rujukan Covid-19 di Karanganyar sudah mulai turun.