Tutup Iklan

PENCURIAN SOLO : Marak Pencuri, Warga Jebres Pasang CCTV

PENCURIAN SOLO : Marak Pencuri, Warga Jebres Pasang CCTV

SOLOPOS.COM - CCTV terpasang di sebuah tiang listrik di RW 015, Kelurahan Jebres, Jebres, Jumat (21/10/2016). (Cahyadi Kurniawan/JIBI/Solopos)

Pencurian Solo belakangan kian dikeluhkan masyarakat.

Solopos.com, SOLO — Aksi pencurian yang kerap terjadi di RW 015 Kelurahan Jebres mendorong warga memasang closed-circuit television (CCTV) di sejumlah tikungan dan persimpangan jalan kampung. Sebanyak 16 kamera terpasang di delapan persimpangan dan tikungan sejak 2015 lalu.

Ketua RT 001/RW 015, Suroso Roso Santoso, mengatakan sebelumnya, kasus pencurian dan kehilangan motor dan laptop kerap menimpa penghuni kos di wilayah RW 015. Dalam sepekan bisa terjadi hingga dua kasus.

“Dari situlah lalu Pak Joko Tri Warno [Ketua RW 015] mengusulkan pemasangan CCTV di setiap persimpangan dan tikungan jalan. Semua biaya pemasangan CCTV ditanggung oleh Pak RW,” kata Suroso, saat ditemui Espos, di Masjid Al Firdaus, Kampung Gendingan RW 015, Kelurahan Jebres, seusai salat Jumat (21/10/2016).

Suroso menuturkan sejak pemasangan CCTV tersebut jumlah kasus pencurian dan kehilangan berkurang drastis. Dalam sepekan hanya terjadi satu kasus.

Pada kesempatan yang sama, Sekretaris RW 015, A. L. Suparno, mengatakan selain pemasangan CCTV, warga juga mendirikan Kelompok Sadar Kamtibmas (KSK). KSK berjumlah 15 personel berasal dari sukarelawan para warga.

“KSK ini rutin patroli. Setiap malam pukul 22.00 WIB mereka memantau ke seluruh kos-kosan sebab jam bertamu selesai. KSK tak hanya mengurusi keamanan, mereka juga aktif bergerak saat ada kematian atau hajatan,” kata Suparno.

Tak hanya itu, setiap malam pukul 22.00 WIB seluruh akses masuk ke kampung Gendingan RW 015 ditutup. Hanya satu pintu yang dibuka yaitu jalan Mendung 3. Pintu kembali dibuka pada pukul 05.00 WIB.

Suparno mengatakan di wilayahnya terdapat sekitar 50 kos-kosan dengan jumlah penghuni mencapai sekitar 750 orang baik mahasiswa maupun pekerja. Jumlah warga RW 015 sendiri sebanyak 343 jiwa.

Operator CCTV, Sri Yanto, mengatakan ruang kontrol ada di dua tempat yakni di rumahnya dan di rumah ketua RW. Menurutnya, jumlah CCTV yang dipasang masih kurang 8 titik lagi untuk sebagian wilayah RT 002.

“Selain itu, kadang ada kendala kalau hujan. Kamera mati karena lembab atau ada kabel yang putus. Selama ini operasional dan kebutuhan perbaikan juga ditanggung oleh Ketua RW,” kata Yanto, panggilan akrabnya.

Salah satu penghuni kos di RW 015, Minarti, mengatakan tempat kos yang ia tinggali selama ini aman. Tak pernah menjumpai ada kasus pencurian atau kehilangan benda berharga. “Dulu dua tahun lalu pernah ada tapi sekarang sudah enggak. Sini aman kok,” kata dia saat ditemui Solopos.com, Jumat.

Hal senada juga diungkapkan Siti Rohana, mahasiswi Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Sebelas Maret (UNS). Kendati ia tak mengetahui ada CCTV di lingkungan kos yang ia tempati, ia merasa situasi di sana aman. “Selama ini aman-aman saja. Enggak pernah ada kasus pencurian atau lainnya,” tutur Rohana.

 

Berita Terkait

Berita Terkini

Solo Bersiap Terapkan Jam Malam

Meningkatnya penularan virus corona di wilayah eks Karesidenan Surakarta membuat Pemkot Solo berencana menerapkan jam malam Covid-19.

Dompet Cekak, Mungkinkah Jakarta Disuntik Dana Sri Mulyani?

Dompet Jakarta terlampau cekak untuk menggerakkan iklim membangun sehingga harus mengharap disuntik dana dari Menkeu Sri Mulyani.

Korsel Gencarkan Vaksinasi, Jumlah Pasien Kritis Covid-19 Menurun

Korea Selatan atau Korsel menyatakan efek vaksinasi virus corona pencegah Covid-19 mulai terlihat pada penurunan jumlah pasien kritis.

Kendaraan Listrik Diramalkan Capai Puncak Penjualan 2033

Kendaraan listrik global diramalkan mencapai puncak penjualan tahun 2033 yang berarti lima tahun lebih awal daripada perkiraan sebelumnya.

Malaysia Targetkan Vaksinasi 60% Penduduk

Pemerintah Malaysia menargetkan dapat melakukan vaksinasi terhadap 60% penduduk dengan deadline akhir September 2021.

Panen Hadiah Simpedes BRI Klaten Diundi, Ini Nasabah Yang Beruntung Dapat Honda Mobilio

Bank BRI Cabang Klaten menggelar penarikan undian panen hadiah Simpedes periode II dengan hadiah utama satu unit mobil Honda Mobilio.

Kronologi Munculnya Klaster Takziah Covid-19 di Kabupaten Pasuruan

Satgas Covid-19 Kabupaten Pasuruan menemukan klaster takziah di Desa Dayurejo, Kecamatan Prigen. Ada 21 orang positif terpapar Covid-19.

Begini Perketatan Aktivitas Masyarakat Jakarta

Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan kembali melakukan perketatan aktivitas masyarakat selama masa PPKM Skala Mikro.

Sinyal Ferdinand Sinaga Merapat ke Persis Solo

Seorang sumber Solopos.com menyebut peluang Ferdinand merapat ke Persis mencapai 90%.

3 Zodiak Ini Konon Insan Paling Kreatif

Dalam urusan kreativitas, ada beberapa orang yang bingung dengan idenya, namun ada yang mudah mewujudkan layaknya zodiak insan kreatif.

Persika Karanganyar 0-1 Persis Solo: Assanur Rijal Akhirnya Pecah Telur

Setelah nihil gol di empat laga uji coba awal klub, Rijal Torres akhirnya pecah telur saat Persis beruji coba melawan Persika Karanganyar