PENCURIAN SEMARANG : Polsek Tembalang Ringkus Kawanan Pencuri Burung Lovebird

PENCURIAN SEMARANG : Polsek Tembalang Ringkus Kawanan Pencuri Burung Lovebird

SOLOPOS.COM - Kawanan spesialis pencuri burung lovebird saat dihadirkan di Mapolsek Tembalang, Semarang, Rabu (21/2/2018). (JIBI/Semarangpos.com/Imam Yuda S.)

Pencurian spesialis burung lovebird, kawanannya diringkus aparat Polsek Tembalang, Semarang.

Solopos.com, SEMARANG – Aparat Kepolisian Sektor (Polsek) Tembalang, Semarang, meringkus kawanan spesialis pencuri burung lovebird. Kawanan yang beranggotakan tiga orang itu telah berulang kali melancarkan aksinya di daerah Gayamsari dan sekitarnya.

Kali terakhir, kawanan itu mencuri burung lovebird milik Rudi Hemawan, 23, di Gayamsari Selatan RT 005/RW 003, Kelurahan Sendangguwo, Kecamatan Tembalang, Semarang, Kamis (8/2/2018).

Kapolsek Tembalang, Kompol Budi Rahmadi, mengatakan ketiga tersangka kawanan pencurian burung lovebird itu, yakni Fahmi Baraja alias Ambon ,20, warga Jalan Sawah Besar XIII, Rusunawa Blok D Kaligawe, Fajar Christanto, 23, warga Perum Korpri Blok T, Sendangmulyo, Kecamatan Tembalang, serta Ahmad Arifudin alias Lekan, 30, warga Gayamsari Selatan RT 10 RW 03, Kelurahan Sendangguwo, Kecamatan Tembalang.

“Mereka merupakan spesialis pencuri burung dan sudah membagi tugasnya masing-masing saat melakukan aksi pencurian,” ujar Budi kepada wartawan di Mapolsek Tembalang, Rabu (21/2/2018).

Budi menambahkan sasaran aksi para pelaku itu adalah burung hias yang tersimpan di dalam sangkar dan sedang dijemur pemiliknya. Kawanan pencuri burung itu juga menggelar aksinya saat siang hari.

Tugas dari Fahmi adalah sebagai eksekutor atau pelaku yang mengambil burung dari rumah pemilik. Sedangkan, Fajar bertugas sebagai joki atau mengantar Fahmi ke lokasi yang dituju. Sedangkan, Arifudin bertindak sebagai pengintai atau memetakan lokasi keberadaan burung yang akan dicuri.

“Saat saya keluar melihat lokasi biasanya siang hari sekalian beli minuman. Lalu, saya panggil mereka [kedua tersangka lain] ke rumah untuk membahas lokasi pencurian,” ujar Arifudin di hadapan polisi di MapolsekTembalang.

Sementara itu, dalam aksinya Fahmi dan Fajar mengendarai sepeda motor merek Honda Beat berpelat nomor H 3586 DP. Motor tersebut juga merupakan hasil pencurian yang diperoleh kawanan itu dari sebuah rumah di daerah Sambiroto, Tembalang.

“Kalau motor kami curi buat dipakai, sedangkan burung biasanya dijual secara online dengan harga Rp200.000,” tutur Fahmi.

Kini ketiga tersangka itu ditahan di Mapolsek Tembalang untuk mempertanggung jawabkan perbuatan mereka. Mereka dijerat dengan Pasal 363 KUHP tentang Pencurian dengan ancaman hukuman maksimal tujuh tahun penjara.

KLIK dan LIKE di sini untuk lebih banyak berita Semarang Raya

Berita Terkait

Berita Terkini

Mas Abby Eks Napi Teroris Yang Kini Mahir Meracik Siomay, Jualan di Sukoharjo

Kristianto alias Mas Abby mantan anggota Jamaah Ansharut Daulah (JAD) Malang kini berjualan siomay di sekitar kediamannya di wilayah Sukoharjo.

Lalu Lintas Wonogiri Ramai, Mayoritas Keluar Kota

Lalu lintas di jalan raya Wonogiri pada H+2 Lebaran, Sabtu (15/5/2021) terpantau masih ramai, tetapi lancar. Kebanyakan kendaraan keluar dari Wonogiri.

649 Kendaraan Berpelat Nomor Luar Daerah Terpaksa Putar Balik di Prambanan

Sebanyak 649 kendaraan roda empat berpelat luar daerah harus putar balik selama berlangsung penyekatan pemudik arus balik di Prambanan, Klaten.

Wisatawan Luar Jateng yang Mencoba Masuk Lewat Karanganyar Terus Bertambah

Wisatawan dari luar Jawa Tengah yang mencoba masuk ke Karanganyar, Jateng semakin banyak pada H+2 Lebaran atau Sabtu (15/5/2021).

Overload! Perahu Wisata yang Terbalik di Waduk Kedungombo Boyolali Maksimal Angkut 12 Penumpang

Perahu wisata yang terbalik di Waduk Kedungombo, Boyolali, Sabtu (15/5/2021) kelebihan muatan karena maksimal mengangkut 12 penumpang.

Penting! Lakukan Ini Jika Alami Musibah Kapal Tenggelam

Ada sejumlah hal dilakukan saat alami musibah kapal tenggelam.

Transpuan Hollywood Ini Pernah Sambangi Magelang

Sosok yang pernah menjadi ayah tiri dari selebriti penuh sensasi, Kim Kadarshian, ini pernah menyambangi Magelang.

Liburan Cari Ikan, Bakul Bakso Tewas Kena Alat Setrum Punya Sendiri

Pedagang bakso di Grobogan, Jawa Tengah tewas setelah tersengat listrik dari alat setrum ikan milik sendiri saat mencari ikan.

Tolong Temannya yang Tercebur di Sungai, Pemuda Sukoharjo Tenggelam dan Meninggal Dunia

Seorang pemuda bernama Adam Susanto, warga Desa Triyagan, Kecamatan Mojolaban, Sukoharjo tenggelam di sungai di Desa Wirun, Kecamatan Mojolaban.

Tambah 3 Lagi, 6 Jasad Korban Perahu Terbalik di Waduk Kedungombo Boyolali Ketemu

Sebanyak enam dari sembilan korban perahu terbalik di Waduk Kedungombo Boyolali ditemukan dan telah dievakuasi ke RSUD Waras Wiris.

19 Pengendara Sepeda Motor Terjaring Razia Masker

Sebanyak 19 pengguna jalan terjaring razia masker saat melintas dengan sepeda motor di depan Kantor Kecamatan Bulu, Sukoharjo, Sabtu (15/5/2021).

Makan di Restoran Kawasan WGM Ini Serasa Ada di Tepi Pantai

Kawasan dekat Wisata Waduk Gajah Mungkur atau WGM Wonogiri ada banyak rumah makan. Salah satunya Rumah Makan Nila Kencana.