SOLOPOS.COM - Kapolrestabes Semarang Kombes Pol. Abiyoso Seno Aji menanyai tersangka pembobol sejumlah ATM di Kota Semarang dengan nilai kerugian Rp1,4 miliar Selasa (24/10/2017). (JIBI/Solopos/Antara/ I.C.Senjaya)

Pencurian yang dilakukan 2 pegawai PT Advantage Semarang terhadap uang di 10 ATM membuat mereka bergelimang Rp1,4 miliar uang tunai.

Semarangpos.com, SEMARANG — Cukup sepekan setelah diadukan, jajaran Polrestabes Semarang mencokok dua tersangka pembobol automated teller machine (ATM) May Bank yang dikelola PT Advantage Semarang. Pencurian uang dalam 10 ATM itu membuat dua tersangka yang tak lain pekerja perusahaan jasa pengelolaan ATM perbankan di Semarang itu bergelimang Rp1,4 miliar uang tunai.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Kapolrestabes Semarang Kombes Pol. Abiyoso Seno Aji di Kota Semarang, Jateng, Selasa (24/10/2017), memaparkan kedua pelaku merupakan teknisi di perusahaan penyedia jasa pengelola ATM perbankan itu. Kedua pegawai PT Advantage Semarang itu hanya diidentifikasinya dengan inisial AF, 28, warga Pedurungan, Kota Semarang dan BAP, 20, warga Bojonegoro, Jawa Timur.

Ekspedisi Mudik 2024

Abiyoso menjelaska kedua pelaku tersebut memiliki peran yang berbeda-beda. AF berperan mengawasi sistem yang berada di kantor, sementara BAP berperan mengeksekusi pengambilan uang di mesin ATM. “Modusnya dengan melakukan perbaikan di mesin ATM,” katanya.

Saat melakukan perbaikan itu, pelaku merusak segel tempat peyimpanan uang di ATM. Menurut Abi—sapaan akrab Kapolrestabes Abiyoso Seno Aji, terdapat 10 ATM yang dibobol pelaku dalam kurun waktu tiga bulan terakhir. Seluruh ATM yang dibobol pelaku merupakan milik Maybank.

[Baca juga 2 Mesin ATM Dibobol, Rp1,4 M Lenyap]

Setelah bergelimang Rp1,4 miliar uang tunai hasil pencurian di 10 ATM di Kota Semarang itu, kedua pelaku menggunakannya untuk membeli dua unit mobil. Setelah dipakai membeli mobil, masih tersisa uang sekitar Rp400 juta uang hasil curian.

Selain kedua pelaku utama, polisi juga meringkus seorang wanita berinisial AE, 33, warga Tengaran, Kabupaten Semarang, Jateng. Perempuan itu diduga mengetahui serta ikut menikmati uang hasil pencurian di ATM-ATM May Bank Kota Semarang itu.

KLIK dan LIKE di sini untuk lebih banyak berita Semarang Raya

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya