Tutup Iklan

PENCURIAN PONOROGO : Pamitnya Ngaji, 4 Siswa SMP di Sawoo Malah Mencuri

PENCURIAN PONOROGO : Pamitnya Ngaji, 4 Siswa SMP di Sawoo Malah Mencuri

SOLOPOS.COM - Empat siswa SMP di Kecamatan Sawoo, Ponorogo, yang tertangkap karena mencuri saat diperiksa di Mapolres Ponorogo. Foto diambil Senin (10/10/2016)

Pencurian Ponorogo, empat siswa SMP yang terlibat pencurian di Kecamatan Sawoo pamit ke orang tua mereka hendak pergi mengaji.

Solopos.com, PONOROGO — Kasus empat siswa SMP di Kecamatan Sawoo, Ponorogo, yang mencuri uang dan barang senilai Rp48 juta menyisakan cerita ironis. Sebelum mencuri, pelaku yang masih duduk di kelas VIII itu pamit hendak mengaji kepada orang tua mereka.

Empat anak itu adalah AML, 15, warga Desa Prayungan, Sawoo. BDO, 14, warga Desa Sawoo, Kecamatan Sawoo; MNH, 14, Desa Sawoo, Kecamatan Sawoo; dan LPH, 14, warga Desa Sawoo, Kecamatan Sawoo. Empat siswa itu mencuri di rumah Bonari, 63, warga RT 003/RW 002, Desa Sawoo, Kecamatan Sawoo.

Ibu AML yang enggan disebutkan namanya mengatakan pada Minggu (9/10/2016) anaknya pamit hendak mengaji. Dia pun kaget saat diberi informasi anaknya ditangkap polisi.

“Saya tidak tahu apa yang telah dicuri anak saya. Tetapi katanya hasil curiannya digunakan untuk membeli minuman keras,” ujar ibu tiga anak ini saat ditemui Madiunpos.com di Mapolres Ponorogo, Selasa (11/10/2016).

Sementara itu, AML mengaku nekat mencuri karena hendak membeli sepeda motor. Selain itu, uang hasil curian juga digunakan untuk makan-makan bersama teman-temannya.

“Hasilnya [curian] dibagi ke teman-teman, ada juga yang mendapatkan handphone,” ujar dia sambil menunduk di ruang pemeriksaan Satreskrim Polres Ponorogo.

Kapolsek Sawoo, AKP Gunawan, mengatakan empat pelajar SMP itu mencuri di rumah Bonari dengan cara masuk dari dinding tembok di belakang rumah. Pelaku memanjat tembok dan menuruninya kemudian menuju pintu rumah yang tertutup.

Pelaku menggunakan obeng untuk mengutak-atik pintu yang terkunci itu dan berhasil. Saat itu juga, pelaku langsung menerobos masuk ke dalam rumah dan mencari harta pemilik rumah.

“Setelah masuk ke rumah, pelaku mencari barang berharga milik korban dan menemukan uang senilai Rp27 juta di lemari tempat penyimpanan. Setelah itu, pelaku juga mengambil handphone di konter milik korban,” ujar dia.

Dia mengatakan pelaku menggunakan uang itu untuk berfoya-foya. Dari keterangan orang tua pelaku, anak-anak tersebut kerap pergi malam dan makan-makan bersama temannya.

Gunawan menganggap penyebab pelaku mencuri karena kurang pengawasan dan asuhan dari orang tua sehingga perilaku dan tingkah laku tidak bisa dikontrol orang tua.

Berita Terkait

Berita Terkini

Copa America: Pertahanan Kokoh, Venezuela Tahan Imbang Kolombia 0-0

Kolombia harus berbagi satu poin setelah bermain imbang 0-0 dalam pertandingan Grup B Copa America 2021 di Estadio Olimpico Pedro Ludovico, Goiania.

Proklim, Cara Pemkot Magelang Dukung Jateng Gayeng Telung Ng

Program Jateng Gayeng Telung Ng jadi perhatian Pemkot Magelang dengan gerakan Program Kampung Iklim (Proklim).

Lewat Online Shop Ini Anji Pesan Ganja, Tapi Jangan Coba-Coba Order

Ganja yang digunakan Anji dibeli dari AS melalui sebuah online shop. Ia menggunakan ID orang lain untuk bisa membelinya.

Gunung Merapi Pagi Ini: 2 Kali Luncurkan Awan Panas Guguran dan Lava Pijar sejauh 1,4 Km

Gunung Merapi pagi ini terpantau mengeluarkan dua kali awan panas guguran. Status erapi belum berubah, masih Siaga.

Nama Pati Rupanya Berasal dari Peleburan Tiga Kadipaten

Kisah ini diawali dari pelarian Dewi  Ruyung Wulan, putri dari Adipati Carangsaka yang dinikahkan paksa dengan Menak Jasari, putra dari Kadipaten Paranggaruda.

10 Berita Terpopuler : Saminisme Ajaran Asli Indonesia - Mahasiswi Terjun ke Sungai

Ulasan tentang ajaran saminisme hingga mahasiswi nekat terjun ke sungai dari jembatan masuk daftar 10 berita terpopuler Solopos.com pagi ini.

Ada Pemberlakuan Aturan Baru Aktivitas Publik di Banyumas

Sejumlah langkah tegas disiapkan Pemkab Banyumas untuk membatasi aktivitas publik masyarakat selama pandemi Covid-19.

Anjlok Lagi, Berikut Harga Emas Pegadaian Hari Ini Jumat 18 Juni 2021

Harga emas batangan 24 karat di Pegadaian pada hari ini, Jumat (17/6/2021) kembali turun, baik untuk cetakan UBS maupun Antam.

Solopos Hari Ini: Tarik Rem Darurat

Solopos edisi Jumat (18/6/2021) mengulas soal lonjakan kasus Covid-19 yang harus diatasi pemerintah. Tingginya angka kasus harian Covid-19 bisa membuat fasilitas kesehatan kolaps.

Aplikasi Simpati Diluncurkan, Isinya Informasi Lengkap Soal Wisata Sragen

Aplikasi Simpati bisa diakses melalui laman simpati.sragenkab.go.id serta juga bisa diunduh di playstore dengan nama Sragen Tourism.

Belgia Lolos ke 16 Besar, Ini Klasemen Grup B Euro 2020

Hasil ini membuat Belgia lolos ke 16 besar sementara Denmark hampir pasti tersingkir di fase grup.

Uposotha Mandala Puja, Ritual Perenungan Diri Umat Buddha

Ritual ini bernama upacara Uposotha Mandala Puja yang diadakan setiap dua kali sebulan pada tanggal satu dan tanggal lima belas  bulan lunar penanggalan Jawa.