SOLOPOS.COM - Ilustrasi (Istimewa/Reuters)

Pencurian Ponorogo, polisi menangkap seorang buronan kasus curat yang kerap beraksi di Ponorogo.

Madiunpos.com, PONOROGO — Polisi menangkap seorang buronan kasus pencurian dengan pemberatan (curat) di tempat persembunyiannya di Kabupaten Trenggalek, Sabtu (18/6/2016) pagi.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Polisi juga sempat menembak kaki pelaku karena berusaha melawan petugas saat ditangkap.

Pelaku bernama Hendriyanto, 42, warga Kecamatan Purwantoro, Kabupaten Wonogiri, Jawa Tengah.

Kanit Buser Polres Ponorogo, Iptu Agus Wibowo, mengatakan Hendriyanto ditangkap tim Buser Polres Ponorogo di tempat persembunyiannya di Trenggalek. Saat dilakukan penangkapan, pelaku melakukan perlawanan hingga polisi menembak kaki pelaku.

Dia menuturkan pelaku sebenarnya telah lama menjadi daftar pencarian orang (DPO) kepolisian karena aksi pencurian yang juga dilakukannya di beberapa tempat di Ponorogo.

Agus menuturkan hasil penyelidikan polisi menyebutkan pelaku melakukan aksi terakhirnya di tempat pelatihan beladiri yang beralamat di Kelurahan Tonatan, Kecamatan Ponorogo, Jumat (17/6/2016) sekitar pukul 21.00 WIB.

Pelaku kali pertama datang ke tempat latihan beladiri itu pada pagi hari dan mengaku sebagai guru, setelah itu pada malam hari pelaku datang lagi ke tempat latihan beladiri itu dengan alasan mendaftarkan anaknya.

“Setelah itu, anak yang dibawanya disuruh untuk melihat dan memecah konsentrasi orang-orang yang ada di lokasi latihan beladiri. Saat itu, pelaku pun melancarkan aksi dengan mengambil handphone orang tua siswa latihan di lokasi,” terang dia, Sabtu (18/6/2016).

Berdasarkan keterangan pelaku, ujar Agus, pelaku tidak hanya melakukan aksi kejahatan itu di Ponorogo saja. Namun, pelaku juga beraksi di beberapa kabupaten lain seperti Magetan dan Madiun.

“Kami masih terus mengembangkan kasus ini termasuk melakukan pengejaran terhadap penadah hasil curian dari Hendriyanto,” terang dia.

Pelaku, Hendriyanto, mengaku mengajak dua anaknya untuk memperlancar aksi pencuriannya. Dia juga mengaku tidak memiliki komplotan pencurian.

“Saya melakukan tindakan pencurian telah lama. Ada beberapa kabupaten yang menjadi incaran, salah satunya Ponorogo,” kata dia kepada polisi.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya