SOLOPOS.COM - Panduan Informasi dan Inspirasi

Pencurian Kulonprogo terjadi hingga lima kali dalam sepekan menjelang lebaran

Harianjogja.com, KULONPROGO – Menjelang Lebaran, masyarakat diimbau mewaspadai aksi kejahatan, seperti pencurian. Selama sepekan setidaknya telah terjadi lima aksi pencurian di sejumlah wilayah di Kulonprogo.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

“Kami mengimbau agar masyarakat lebih mewaspadai dan meningkatkan keamanan. Peran aktif dari masyarakat dalam menjaga keamanan lingkungan juga sangat diperlukan,” ujar Kapolres Kulonprogo AKBP Yuliyanto, Selasa (14/7/2015).

Ekspedisi Mudik 2024

Yuliyanto mengatakan, pada momentum Lebaran kecenderungan kasus kriminalitas mengalami peningkatan. Selain mengimbau kewaspadaan masyarakat, peningkatan keamanan juga dilakukan petugas kepolisian. Salah satunya dengan meningkatkan patroli, terutama di tempat-tempat khusus.

Selama sepekan sudah ada banyak kasus pencurian yang terjadi di wilayah Kulonprogo. Bahkan, di antaranya dialami para pemudik. Seorang pemudik bernama Rangga kehilangan sepeda motornya saat beristirahat di SPBU Kedundang, Temon.

Pencurian juga terjadi di rumah-rumah warga, salah satunya dialami seorang warga Secang, Pengasih yang kehilangan sepeda motor jenis matik yang diparkirkan di depan rumahnya.

“Untuk menghindari hal-hal tersebut, warga harus selalu memastikan mengunci rumah sebelum meninggalkannya. Rasa aman itu penting agar kasus seperti itu tidak terjadi,” jelas Yuliyanto.

Guna meningkatkan keamanan, Yuliyanto mengungkapkan, telah menerjunkan anggotanya. Patroli keliling akan dilakukan rutin dan akan dilakukan oleh tim khusus. Selain itu, sejumlah petugas  juga ditempatkan di kawasan rawan aksi kriminalitas. Di antaranya seperti pasar, stasiun, terminal hingga sepanjang jalur yang dilalui pemudik.

“Ada tim yang setiap malam berpatroli, baik dari anggota Polsek maupun anggota Polres,” imbuh Yuliyanto.

Sementara itu, KBO Reskrim Polres Kulonprogo Iptu Satiyem mengimbau, pemudik yang menggunakan kendaraan pribadi dapat lebih meningkatkan kewaspadaannya. Dia mengatakan, apabila dalam perjalanan mengalami kelelahan, sebaiknya mencari tempat beristirahat yang aman.

“Pencurian yang dialami salah satu pemudik di Temon terjadi, karena dia kelelahan dan tertidur. Sebaiknya, kendaraan dikunci dan pastikan keamanan di tempat tersebut,” jelas Satiyem.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya