SOLOPOS.COM - Ilustrasi pencurian. (JIBI/Harian Jogja/Dok)

Pencurian Jogja terungkap, warga yang emosi main hakim sendiri.

Harianjogja.com, BANTUL-Polisi sempat terkendala menangkap pelaku pencurian 14 saklar di Jl. Imogiri, Umbulharjo, Jogja pada Selasa (17/11/2015) pukul 10.00 WIB. Seba area tersebut dipadati banyak orang.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Kanit Reskrim Polsek Umbulharjo, Ipda Ahmad Irwan menyampaikan pihaknya membutuhan waktu untuk masuk ke rumah karena menunggu kunci yang dibawa oleh pemilik rumah tersebut. Selain itu, peristiwa ini mengundang perhatian dan emosi publik sehingga area sekitar dipadati orang. Karena alasan ini, Ahmad menyatakan sempat kesulitan untuk mengevakuasi pelaku dari TKP tanpa menimbulkan keributan.

Ekspedisi Mudik 2024

“Kondisinya tadi benar-benar ramai, kami sendiri khawatir mobil kami juga akan dirusak warga saat membawa pelaku,” ujar Ahmad.

Kepolisian mengerahkan 25 personil untuk menanggulangi peristiwa tersebut, termasuk mengatur lalu lintas dan menenangkan massa.

“Kami masuk lewat pintu depan dengan kunci tapi ternyata sudah ada beberapa warga yang masuk dan pelaku sudah sempat dipukuli warga,” ujar Ahmad.

Pelaku kemudian dibawa ke rumah sakit terdekat untuk diobati dan kemudian langsung ditahan di Polsek Umbulharjo. Pelaku akan dikenai KUHP pasal 363 mengenai pencurian dengan pemberatan.

“Pelaku memang sengaja masuk untuk mengambil saklar untuk dijual,” ujar Ahmad.

Adapun rumah tersebut memang tidak berpenghuni dan kosong tanpa perabotan apapun. Ahmad sendiri menyayangkan sikap main hakim sendiri dari warga, Ia berharap mendatang warga bisa menahan diri dan menyerahkan penanganannya pada pihak berwajib.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya