SOLOPOS.COM - Ilustrasi pencuri diborgol (JIBI/dok)

Pencurian Jogja terjadi di Stasiun Tugu Jogja.

Harianjogja.com, JOGJA-Kasus pencurian yang dilakukan pegawai PT.Kereta Api Indonesia (KAI) di Stasiun Tugu Yogyakarta terungkap. Tersangka nekat mencuri kabel listrik penghubung antargerbong kereta, Kamis (12/11/2015), pagi. Aksi pencirian ini dilakukan tersangka saat sedang mencuci kereta api yang sedang terparkir di stasiun setempat, sekitar pukul 07.30 WIB.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Pihak Stasiun Tugu langsung melaporkan kejadian tersebut ke Polsek Gedongtengen, Jogja. Tak lama, polisi langsung menangkap Sarwidi, 46, warga Trihanggo, Gamping, Sleman, yang masih berada di stasiun.

Ekspedisi Mudik 2024

Kasus pencurian kabel jenis kopler yang menghubungkan arus listrik antar gerbong kereta itu diketahui berawal dari laporan teknisi kereta saat melakukan pengecekan di kereta yang sedang di parkir. Laporan teknisi itu langsung ditindaklanjuti pihak keamanan stasiun.

“Karena yang dicuri itu menyangkut aset dan sarana yang sangat penting, kami langsung melaporkan ke polisi.” kata Kepala Stasiun Tugu Yogyakarta, Nurul Aris Diyanto, saat ditemui di Markas Polsek Gedongtengen.

Aris mengatakan kabel yang dicuri itu sangat mempengaruhi operasional kereta. Pihaknya tidak mungkin menjalankan kereta dalam kondisi listrik tidak berfungsi.

Ia menampik keamanan di stasiun lemah. Menurutnya, keamanan di stasiun diklaim sudah lumayan bagus. Namun, karena kasus tersebut tersangkanya bagian dari pegawai di dalam stasiun sulit untuk diawasi. Aris menyatakan tersangka yang sudah bekerja selama tujuh tahun sebagai pencuci kereta itu bukan karyawan PT.KAI.

“Tersangka notabennya adalah dari vendor yang dikerjasamakan di stasiun.” kata Aris.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya