SOLOPOS.COM - Ilustrasi pencuri (JIBI/Harian Jogja/Reuters)

Solopos.com, GUNUNGKIDUL--Pencurian dengan sasaran minimarket kembali terjadi di wilayah Karangmojo. Kali ini minimarket Asih Jaya di Jalan Wonosari-Karangmojo, Dusun Ngipak, Desa Ngipak, Kecamatan Karangmojo yang dibobol, Sabtu (22/2/2014) dini hari.

Pencuri berhasil masuk minimarket dengan merusak kunci gembok rolling door, kemudian membawa uang tunai, seperangkat komputer dan ratusan roko berbagai merk dengan nilai kerugian sekitar Rp13 juta. Pencuri juga merusak kamera pengintai atau CCTV minimarket dan membawanya.

Promosi Mitsubishi XForce: Stylish untuk Wanita, Praktis buat Ibu Muda

Kepala Polsek Karangmojo Komisaris Polisi Saman mengatakan, aksi pencurian tersebut pertama kali diketahui oleh pemilik minimarket Sukiyono, 57, sekitar pukul 05.30 WIB. Saat itu Sukiyono bermaksud bersih-bersih minimarket bersama anaknya Ipung Sugiantoro. Namun saat sampai lokasi usahanya Sukiyono kaget karena pintu minimarket sudah terbuka dan kondisi ruangan market juga acak-acakan.

Setelah mendapat laporan polisi langsung mendatangi lokasi. Dari olah tempat kejadian perkara (TKP), kata Saman, pencuri masuk minimarket dengan cara merusak kunci gembok. Sebelum merusak pintu minimarket, lanjut dia, pencuri juga merusak tiga kamera CCTV yang berada di sekitar minimarket, bahkan membawa perangkat operator CCTV.

Dari cara masuk membobol minimarket, Saman menduga pencurinya professional dan sudah mengetahui situasi dan kondisi lokasi. “Kelihatannya pencurinya berpengalaman, dia merusak dan membawa CCTV yang terpasang di minimarket itu,” papar Saman.

Saman menambahkan, aksi pencurian itu diduga dilakukan sekitar pukul 03.00-04.00 WIB. Sebab, kata dia, anggotanya sempat berpatroli melintasi sekitar Minimarket Asih Jaya pukul 02.00 WIB dan minimarket itu dalam keadaan aman.

Sebelumnya, minimarket Akur di Dusun Plumbungan, Desa Gedangrejo, Kecamatan Karangmojo juga dibobol kawanan pencuri, Kamis 16 Januari, lalu. Pencuri yang diperkirakan lebih dari satu orang itu berhasil menggasak empat tabung gas 3 kilogram dan berbagai merk minyak wangi senilai Rp2 juta

Kepala Polres Gunungkidul Ajun Komisaris Besar Polisi Faried Zulkarnaen mengatakan, sampai bulan kedua tahun ini, wilayah Karangmojo diakuinya marak terjadi pencurian. Selain minimarket, pencuri juga menyasar kendaraan roda empat yang diparkir di garasi rumah.

Untuk menekan aksi pencurian, Faried sudah tim khusus dari reserse kriminal untuk memantau aksi kejahatan di malam hari. Tim tersebut akan difokuskan di wilayah perbatasan Gunungkidul dan wilayah Karangmojo. “Patroli dari Polsek Karangmojo kita back up dari polres untuk berpatroli malam,” tegas Faried, kepada JIBI/Harian Jogja, belum lama ini.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya