SOLOPOS.COM - Ilustrasi penembakan (JIBI/Solopos/Dok)

Pencurian Gresik yang melibatkan buron maling spesialis rumah-rumah kosong berhasil dibekuk polisi di Tuban.

Madiunpos.com, TUBAN – Maling spesialis rumah kosong berhasil ditangkap Polsek Rengel, Tuban. Buron ini ditembak polisi di bagian paha kanannya karena menurut aparat ia melawan ketika hendak ditangkap dalam penggerebekan kasus pencurian yang kerap ia lakukan di Gresik itu.

Promosi Mitsubishi XForce: Stylish untuk Wanita, Praktis buat Ibu Muda

Berdasarkan informasi yang dihimpun Detikcom, buron berinisial SBK, 37, ini kerap kali melakukan aksi kejahatannya di Kabupaten Gresik, Jawa Timur. Dalam menjalankan aksi pencurian Gresik itu, SBK memanfaatkan kesempatan rumah kosong.

Rangkaian aksi pencurian Gresik itu harus berakhir setelah polisi bergerak cepat dalam penggerebekan terhadap rumah pelaku di Tuban. Saat ditangkap, pelaku yang juga menjadi buronan Polres Gresik itu sempat berusaha kabur dan menyerang petugas.

Petugas pun terpaksa melumpuhkan buron kasus pencurian Gresik itu dengan timah panas lantaran sempat ada perlawanan dari pelaku. “Penangkapan terhadap SBK ini berawal dari adanya laporan Polsek Kota Polres Gresik,” Kata Kapolsek Rengel, AKP Musa Bachtiar, kepada Detikcom, Rabu (22/7/2015).

Berdasarkan laporan dari wilayah Gresik, jelas dia, jajaran Polsek Rengel lantas melakukan penelusuran. Pelaku ternyata diketahui tengah pulang kampung untuk Lebaran 2015. Tak mau buruannya kembali kabur, sejumlah petugas segera menggerebek rumah pelaku pencurian Greik itu di Tuban.

“Dengan adanya laporan itu, kami mendapatkan informasi bahwa pelaku ini sedang berada di wilayah Rengel. Selanjutnya anggota langsung turun lapangan guna melakukan penangkapan,” papar perwira yang baru menjabat Kapolsek Rengel sebulan lalu itu.

Namun, penangkapan pelaku tidak berjalan mulus. Saat digerebek petugas, pelaku pencurian Gresik itu berusaha kabur melalui pintu belakang rumah. “Meski dua kali kita beri tembakan peringatan, pelaku tetap kabur,” terang Musa.

Nahas, jalan kabur yang dipilih pelaku merupakan jalan buntu sehingga posisinya terpojok. Namun bukannya menyerah, pelaku malah menyerang petugas dan berusaha merebut senjata yang dibawa petugas.

Polisi akhirnya terpaksa menembak pelaku tepat mengenahi paha kanannya. Setelah berhasil dilumpuhkan, pelaku dibawa ke Puskesmas Rengel untuk mendapat perawatan medis.

“Informasinya, pelaku juga sudah pernah masuk penjara dengan kasus pencurian. Untuk proses hukum lebih lanjut pelaku kami serahkan ke Polres Gresik,” pungkasnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya