SOLOPOS.COM - ilustrasi.dok

Salah satu maling sapi yang lari meninggalkan pikap berikut hasil curiannya di Boyolali tertangkap, tiga lainnya buron.

Solopos.com, BOYOLALI — Aparat Polres Boyolali menangkap satu dari empat pencuri sapi yang lari meninggalkan mobil pikap berikut sapi hasil curian di Dukuh Randusari, Desa Mudal, Boyolali Kota, Boyolali, Selasa (9/1/2018). Pencuri itu ditangkap kurang dari 24 jam setelah kejadian atau Rabu (10/1/2018), sementara tiga pelaku lain masih buron.

Promosi Pegadaian Resmikan Masjid Al Hikmah Pekanbaru Wujud Kepedulian Tempat Ibadah

Pelaku yang sudah tertangkap adalah Suwandi, 59, warga Sidomulyo, Desa/Kecamatan Cepogo, Boyolali. Kapolsek Boyolali Kota AKP Setyo Budiono mewakili Kapolres Boyolali AKBP Aries Andhi mengatakan pelaku ditangkap di rumahnya sekitar pukul 19.00 WIB.

“Pelaku ditangkap di rumahnya tadi malam [kemarin malam] tanpa perlawanan,” ujar Setyo saat ditemui wartawan di Mapolsek, Rabu (10/11/2018).

Penangkapan pelaku didasarkan atas keterangan saksi-saksi dan pelacakan kepemilikan mobil pikap Daihatsu Gran Max AD 1858 UZ yang ditinggalkan para pelaku di lokasi pencurian. Namun, Kapolsek menjelaskan berdasarkan keterangan sementara, tidak ada keterkaitan pemilik mobil dengan kasus pencurian tersebut.

“Mobil ini hanya titipan, lalu dipakai untuk melakukan kejahatan,” imbuhnya.

Sementara itu, Kapolsek menambahkan berdasarkan pengakuan pelaku, Suwandi sudah beberapa kali melakukan kejahatan serupa. Namun untuk lokasi dan waktu kejahatan itu saat ini masih didalami tim penyidik.

“Pelaku ini mengaku sebelumnya sudah beberapa kali mencuri ternak di sejumlah tempat. Ini masih kami dalami.”

Selain menyidik pelaku yang tertangkap, aparat juga masih memburu tiga pelaku lain yang saat ini masih buron. Sebelumnya diberitakan, kawanan pencuri sapi di Dukuh Randusari, Desa Mudal, Boyolali Kota, Boyolali, gagal menuntaskan aksi mereka, Selasa. Mereka keburu kabur meninggalkan sapi dan mobil pengangkutnya saat sang pemilik sapi, Saimo, 59, memergoki mereka.

Peristiwa itu terjadi sekitar pukul 02.00 WIB. Saat itu, Saimo yang sedang tidur lelap terbangun gara-gara satu dari tiga sapi miliknya melenguh. Langsung saja Saimo bergegas dari tempat tidur sambil membawa senter menuju kandang sapi yang berada di samping rumah dan mendapati sapi-sapinya akan diangkut pencuri.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya