Pencuri Tertangkap Basah Ambil Uang Rp4 Juta Dari Kotak Amal Masjid Pasar Legi Solo
Petugas keamanan Pasar Legi Solo mengamankan pencuri uang kotak amal masjid setempat, Kamis (1/10/2020) siang. (Istimewa/Pengelola Pasar Legi Solo)

Solopos.com, SOLO -- Seorang pencuri tertangkap saat mengambil uang senilai Rp4 juta dari kotak amal Masjid Pasar Legi Solo, Kamis (1/10/2020). Saat ini, uang tersebut sudah disita polisi sebagai barang bukti

Pelaku pencurian uang kotak amal Masjid Pasar Legi Solo itu seorang pria paruh baya berinisial JA, asal Semarang. Saat mencongkel kotak amal masjid tersebut, JA telah memasukkan uang senilai Rp4 juta ke dalam beberapa kantong plastik.

Namun, upaya pria itu mencuri uang tersebut gagal karena aksinya tepergok oleh takmir masjid yang kemudian menangkapnya.

Begini Ceritanya Remaja Sragen Terpisah Dari Orang Tuanya Dan Hilang 10 Tahun Lalu

Kapolsek Banjarsari AKP Rikha Zulkarnaen kepada wartawan, Selasa (6/10/2020), mengatakan pencuri uang kotak amal Masjid Pasar Legi itu berasal dari Semarang dan tidak memiliki tempat tinggal di Solo.

Selama di Solo, warga Semarang itu berpindah-pindah tempat. "Barang bukti sudah kami amankan, kasus ini masih berjalan," paparnya mewakili Kapolresta Solo Kombes Pol Ade Safri Simanjuntak.

Pencuri tersebut terancam hukuman tujuh tahun penjara sesuai Pasal 363 KUHP tentang Pencurian. Sebelumnya, Lurah Pasar Legi Solo, Nur Ahmadi, mengonfirmasi telah terjadi pencurian kotak amal masjid pasar tersebut.

Mobil Nyungsep Ke Selokan Jalan Ponorogo-Madiun, Bapak dan Anak Terluka

Mencongkel

Menurutnya, pencuri uang kotak amal Masjid Pasar Legi Solo itu beraksi sekitar pukul 11.00 WIB. Ia menjelaskan saat itu kawasan masjid tetap ramai seperti biasanya, namun salah seorang takmir masjid memergoki ada laki-laki yang mencongkel kotak amal.

"Bukan mengambil kotak amal, tetapi pelaku mencongkel. Uang kotak amal sudah dimasukkan ke dalam plastik. Namun, aksi pelaku ketahuan warga," paparnya.

Menurutnya, petugas pengamanan pasar langsung mengamankan pencuri itu seusai tertangkap basah untuk menghindari amuk massa. Pengelola masjid pun langsung menghubungi Polsek Banjarsari.

Protes Pengesahan Omnibus Law, Aktivis Mahasiswa Solo Dukung Mogok Kerja Nasional

Polisi langsung datang itu mengamankan pelaku dan barang bukti. Ia telah meminta takmir Masjid Pasar Legi Solo mengganti kotak amal dengan yang lebih aman agar tidak menjadi sasaran pencuri.

Nur Ahmadi juga mengintensifkan patroli petugas keamanan pasar yang terbagi menjadi beberapa regi. "Seluruh bagian pasar darurat sudah ada pengamanan. Saya meminta para pedagang untuk tidak menyimpan uang dalam jumlah banyak dalam kios buat njagani saja. Masjid itu area ramai, tapi masih ada yang nekat," imbuhnya.



Tulis Komentar Anda

Berita Terkini Lainnya




Kolom