SOLOPOS.COM - Panduan Informasi dan Inspirasi

  • Salah satu obat sederhana untuk mengatasi pencernaan yang kurang baik adalah dengan secara teratur makan bawang merah.
  • Seduhan air dan bunga daun seribu merupakan obat yang baik untuk merangsang pencernaan.
  • Makan pepaya juga baik buat pencernaan.
  • Makan tomat juga berpengaruh baik buat pencernaan.
  • Orang yang tidak begitu tahan akan masakan daging, sebaiknya menambahkan ketumbar pada masakan tersebut. Hasilnya akan segera tampak.
  • Untuk mengatasi kesulitan pencernaan setelah makan masakan daging, sehabis makan sebaiknya minum segelas sari nanas.
  • Untuk memperlancar pencernaan, orang dewasa dapat makan pisang blitung.
  • Anak-anak yang sangat muda dapat diberi pisang pulut.
  • Orang lanjut usia yang pencernaannya terganggu dan cairan lambungnya bekerja kurang baik, sehabis makan sebaiknya minum satu sendok kecil sari nanas dengan gula. Parut nanas segar, saring dengan kain agar seratnya tertinggal. Jika tidak ada nanas segar boleh menggunakan jus nanas.

Daun seribu (Achillea Millefolium Linn)
Tanaman ini di Eropa juga merupakan obat rakyat. Ditanam di halaman sebagai tanaman hias dan di Jawa Tengah serta Jawa Barat terdapat di alam. Cabang hanya terdapat pada pucung batang. Bunga berwarna merah muda atau putih terdapat dalam kelompok di ujung batang. Bunga dan daunnya dikumpulkan dan sebaiknya digunakan segar. Untuk itu harus diseduh dalam air mendidih. Bahan-bahan yang sudah dikeringkan harus direbus, jika tidak, tidak akan berkhasiat.

Ketumbar (Coriandrum Sativun Linn)
Tanaman ini ditanam di dataran rendah dan dataran tinggi. Orang China senang makan daun tanaman ini. Buahnya disebut koriander, merupakan bahan bumbu masakan dan obat. Ketumbar merangsang kerja cairan lambung. Daging yang dibumbui dengan ketumbar lebih mudah dicerna. Karena daya cerna penduduk daerah tropika lebih kecil daripada daya cerna penduduk daerah iklim sedang, maka pada masakan Indonesia hampir selalu terdapat ketumbar. Dalam pembuatan dendeng, ketumbar mutlak diperlukan.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Pisang (Musa paradisiaca Linn)
Terdapat berbagai pisang yang dapat dimakan, salah satunya adalah pisang blitung, yakni jenis pisang yang buahnya sangat besar, bergizi dan berdampak baik untuk pencernaan. Tumbuh terutama di daerah pegunungan. Ada pula pisang pulut atau pisang bayi sangat baik untuk bayi.

Sumber: Atlas van Indische Geneeskrachtige Platen oleh J Kloppenburgh-Vesteegh, 1911. Alih bahasa oleh drh J Soegiri dan Prof Nawangsari, IPB Press, 2006

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya