PENCEMARAN LINGKUNGAN : Pencemaran 5 Sungai di Sukoharjo Kian parah

PENCEMARAN LINGKUNGAN : Pencemaran 5 Sungai di Sukoharjo Kian parah

SOLOPOS.COM - Ilustrasi Pencemaran (Dok/JIBI/Solopos)

Pencemaran lingkungan terjadi di 5 sungai di Sukoharjo dan kondisinya kian parah.

Solopos.com, SUKOHARJO – Pencemaran di lima sungai di wilayah Sukoharjo kian memprihatinkan. Air sungai tak bisa dimanfaatkan untuk memenuhi kebutuhan air bersih sehari-hari seperti mandi dan mencuci.

Kepala Badan Lingkungan Hidup (BLH) Sukoharjo, Suraji, mengatakan melakukan uji laboratorium dengan mengambil sampel air lima sungai di Sukoharjo dua kali dalam setahun.

Hasilnya, lima sungai itu tercemar air limbah baik home industry maupun pabrik berskala besar. “Air sungai hanya bisa digunakan untuk hewan ternak. Memang kondisi pencemaran sungai di Sukoharjo semakin parah,” katanya saat ditemui di kantornya, Selasa (6/10/2015).

Menurut dia, kelima lima sungai itu yakni Sungai Premulung di Kecamatan Kartasura, Sungai Jenes di Kecamatan Grogol, Sungai Langsur di Kecamatan Sukoharjo, Sungai Samin di Kecamatan Polokarto, dan Sungai Palur di Kecamatan Mojolaban.

Kelima sungai itu melewati kawasan industri yang terdapat ratusan perusahaan maupun pabrik.

“Sebenarnya masih ada beberapa sungai yang juga tercemar limbah pabrik. Lantaran keterbatasan anggaran maka kami hanya menguji laboratorium sampel air lima sungai,” ujar dia.

Ada beberapa pencemaran air sungai seperti tingkat biochemiycal oxygen demand (BOD) tinggi maka memengaruhi kandungan oksigen di dalam air.

Selain itu, kandungan bakteri e-Coli juga memengaruhi kualitas air sungai. Sungai yang tercemar limbah mempunyai kandungan bakteri e-Coli melebihi ambang batas.

“Sisa-sisa detergen pakaian juga turut mencemari air sungai. Kondisi ini diperparah limbah cair pabrik dan inustri rumah tangga,” ujar dia.

Di sisi lain, seorang warga Desa Grogol, Kecamatan Grogol, Supendi, 35, meminta instansi terkait bersikap tegas terhadap pabrik atau perusahaan yang terbukti membuang limbah cair ke sungai.

Berita Terkait

Berita Terkini

Stok Obat Covid-19 di Bantul Aman Hingga Pertengahan Agustus

Dinas Kesehatan Bantul memastikan stok obat untuk pasien Covid-19 aman hingga pertengahan Agustus kendati demikian tetap ajukan ke Kemenkes.

FOTO : Ganjar Pranowo Kunjungi Pasien Isolasi di GOR Klaten

Gubernur Jawa Tengah meninjau warga di lokasi karantina GOR Gelarsena Klaten

Kena PHK saat Covid-19, Warga Karanganyar Ini Bertahan dengan Kacang Ndelik

Awal Brehita membangun usaha camilan kacang ndelik berawal dari iseng.

Kesal Tak Dibawa Berobat ke RSJ, ODGJ Sragen Nekat Bakar Rumah Sendiri

Orang dengan gangguan jiwa atau ODGJ asal Sragen nekat bakar rumah sendiri lantaran kesal tak dibawa berobat ke rumah sakit jiwa

Spesifikasi Oppo Reno 6, Ponsel Dengan Fitur Bokeh Flare Potrait

Perusahaan asal China, Oppo, meluncurkan produk barunya yakni Reno 6 pada Selasa (27/7/2021), dengan spesifikasi yang menarik.

Warung Kosong Pinggir Jl A Yani Kartasura Sukoharjo Ludes Terbakar

Warung kosong di Jl A Yani, Kartasura, Sukoharjo, tepatnya di belakang toko Relasi Jaya ludes terbakar pada Rabu (4/8/2021) petang.

Kereen, Polsek Polokarto Budi Daya Lele dan Hidroponik di Lahan Kosong

Ikan lele dapat dipanen setelah kurang lebih tiga bulan yang dapat dipasarkan dengan mengundang pedagang dari Pasar Polokarto.

FOTO : Pembagian Oksigen Gratis di Loji Gandrung

Pengisian ulang oksigen gratis di Loji Gandrung

FOTO : Vaksinasi Covid-19 Bagi Pelajar Kota Solo

Vaksinasi Covid-19 bagi pelajar di Kota Solo

FOTO : Sepi Pengunjung, Perwatan Satwa TSTJ Terus Dilakukan

Perawatan satwa koleksi Taman Satwa Taru Jurug

Hari Jadi Ke-271 Kabupaten Klaten, Sederet Penghargaan Diraih Bupati

Sederet penghargaan diraih Bupati Sri Mulyani selama memimpin Kabupaten Klaten sejak periode pertama 2017 hingga periode kedua 2021

Lagi, Megawati Singgung Presiden Jokowi soal Kementerian

Megawati mengingatkan Presiden Jokowi agar memegang komando kerja penanganan bencana.