SOLOPOS.COM - Warga Desa Guwosari memprotes pembuangan limbah pabrik ke Sungai Bedog yang menyebabkan pencemaran ekosistem sungai, Minggu (5/6/2016). (Bhekti Suryani/JIBI/Harian Jogja)

Pemerintah Kota Jogja mengakui Sungai Winongo tercemar.

Harianjogja.com, JOGJA–Forum Komunikasi Winongo Asri menyebut sungai Winongo, khususnya yang mengalir di Kota Jogja dan Kabupaten Bantul mengalami pencemaran skala sedang akibat limbah rumah tangga dan limbah industri.

Promosi Mabes Polri Mengusut Mafia Bola, Serius atau Obor Blarak

Ketua Forum Komunikasi Winongo Asri (FKWA) Endang Rohjiani menyebut, kesimpulan tersebut didapatkan setelah pihaknya melakukan penelitian dengan metode biotilik. Biotilik merupakan pemantauan kualitas air yang menggunakan indikator makhuk hidup berupa makroinventebrata (serangga air, udang dan cacing).

Ekspedisi Mudik 2024

Ia mengatakan, pihaknya telah melakukan pengujian berkala sejak 2015 silam bersama Kelompok Studi Entomologi Fakultas Biologi UGM. Hasil penelurusannya timnya Endang mengatakan, penyebab air sungai tercemar karena di sekitarnya ada peternakan babi, sapi dan pabrik tahu. Sementara di daerah Tamansari berasal dari limbah batik. Pencemaran di Sungai Winongo lanjutnya, tidak hanya disebabkan oleh limbah industri saja, tapi juga dari limbah rumah tangga. Hal ini terjadi karena instalasi pengolahan air limbah (IPAL) komunal tidak hanya digunakan untuk membuang tinja saja tapi juga limbah lain seperti sabun.

Terkait pencemaran sungai serta memburuknya kualitas Sungai Winongo yang melintasi Kota Jogja, Kepala Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kota Jogja, Suyana tak menampik kenyataan tersebut. Menurutnya, sungai-sungai yang ada memang tercemar. “DLH akan terus mengedukasi dan mengajak masyarakat untuk semakin mencintai sungai dan tidak lagi membuang limbah ke sungai,” kata Suyana, Sabtu (30/9/2017)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya