SOLOPOS.COM - Sampah berupa material bangunan menumpuk di Bantaran Kali mampu seperti terlihat Minggu (6/10/2013).

Harian Jogja.com, JOGJA—Bantaran Kali Mambu di Jalan Argolobang, Kelurahan Baciro, Kecamatan Gondokusuman, dijadikan tempat pembuangan material bangunan. Pemerintah perlu turun tangan membersihkannya.

Pantauan Harian Jogja.com, Minggu (6/10/2013), di sekitar bantaran kali, tepatnya sebelum SPBU Baciro, terdapat sebuah tempat pembuangan sampah. Namun tumpukan material serta aneka sampah lainnya justru meluber di bantaran kali.

Promosi Primata, Permata Indonesia yang Terancam Hilang

Menurut Binarti,52, warga setempat, menumpuknya material bangunan dan sampah lainnya di bantaran kali tersebut sudah berlangsung lama. Meski demikian, hingga kini belum ada penanganan yang serius dari instansi terkait.

“Kalau khusus di tempat sampahnya, memang ada petugas yang rutin mengangkut sampah-sampah di dlaam bak penampung. Itu pun kadang lama tidak diangkat sehingga menyebabkan bau. Kalau yang meluber di bantaran selama ini tidak pernah,” ujar dia.

Melubernya sampah dan material sisa bangunan di lokasi tersebut, menurut dia bisa berakibat fatal. Ia menceritakan beberapa pekan sebelumnya, sampah kering di bantaran tersebut terbakar, memunculkan kobaran api besar dan cukup mengkhawatirkan karena letaknya berdekatan dengan SPBU.

Supono,47, warga lainnya mengatakan ia tidak mengetahui secara persis siapa yang membuang material bekas bangunan di bantaran kali tersebut. Hanya saja tumpukan material itu sudah mengendap cukup lama.

“Kami sebagai warga siap bergerak kalau pemerintah juga bergerak. Jadi kita bisa jalan bersama-sama untuk membersihkan bantaran,” ujar dia.

Kali Mambu merupakan salah satu saluran air di Kota Jogja yang sering meluap saat musim hujan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya