PENCEMARAN : BLH Duga Ikan Mati Karena Diracun

PENCEMARAN : BLH Duga Ikan Mati Karena Diracun

SOLOPOS.COM - Ilustrasi ikan mati (Dok)

Solopos.com, BANTUL–Badan Lingkungan Hidup (BLH) Bantul menduga, matinya ratusan ikan di Sungai Bedog yang melintasi Desa Guwosari, Pajangan akibat ulah peracun ikan bukan limbah tebu seperti yang selama ini disangkakan warga.

Kepala BLH Bantul, Suwito mengatakan, lembaganya sejak Rabu (16/10/2013) telah memeriksa kondisi di Sungai Bedok. BLH menemukan ikan jenis Sapu-Sapu juga ikut mati tak hanya ikan jenis lainnya. Padahal ikan Sapu-Sapu paling tahan terhadap pencemaran dibanding ikan lainnya.

 

Dugaan sementara, kejadian matinya ratusan ikan pada Senin (14/10/2013) malam akibat ulah orang tak dikenal yang menebar racun di sungai. “Jenis racunnya bisa potasium, kalau hanya pencemaran akibat limbah tebu ikan Sapu-Sapu pasti enggak akan ikut mati,” terangnya, Kamis (17/10/2013).

Sementara dugaan matinya ikan akibat limbah tebu pabrik gula Madukismo menurutnya belum dapat dipastikan karena hasil uji laboratorium belum keluar semua, baru sebagian. Selain itu lanjut Suwito, selama ini BLH ikut menguji limbah tebu pabrik gula yang dialirkan ke Sungai Bedog. “Sebelum dikeluarkan [limbah] sering kita uji di laboratorium. Kalau keluar kondisinya harus baik,” ungkapnya.

Berita Terkait

Berita Terkini

Bupati Madiun Klaim Penyaluran Bansos Covid-19 Tanpa Pungli

Penyaluran bansos Covid-19 berupa paket sembako dan uang tunai di Kabupaten Madiun sejauh ini sesuai prosedur tidak ada pungli maupun korupsi.

Suami Kena Strok, Istri Menderita Kanker, Polsek Banjarsari Solo Turun Tangan Beri Bantuan

Polsek Banjarsari mendatangi kediaman seorang pasangan suami istri, Sukijo Ismail dan Apri Sridaryatun di Kelurahan Banjarsari, Kota Solo, Senin (2/8/2021) siang.

Bantu Penanganan Pandemi Covid-19, BI Solo Sumbang 200 Tabung Oksigen

Sebanyak 200 tabung oksigen diberikan Kantor Perwakilan Bank Indonesia (KPw BI) Solo kepada Pemerintah Kota (Pemkot) Solo.

PPNI Solo: Dyah Ayu Jadi Perawat Ke-11 yang Meninggal Positif Corona

Perawat RSUD Bung Karno Solo Dyah Ayu Kusumasari menjadi perawat ke-11 yang meninggal terpapar virus corona selama pandemi di Kota Bengawan

Selamat! Anthony Ginting Raih Medali Perunggu Olimpiade Tokyo 2020

Melawan pebulu tangkis kejutan asal Guatemala, Kevin Cordon, Anthony Ginting menang mudah dengan skor 21-11 dan 21-13.

Banjir Hadiah, Jangan Lewatkan Anugerah SBBI 2021 yang Digelar Besok!

Jangan lewatkan acara Anugerah SBBI 2021 yang diikuti Talkshow Virtual Makin Tumbuh Makin Tangguh yang digelar besok, Selasa, 3 Agustus 2021.

Kasus Aktif Covid-19 di Klaten Mulai Menurun, Tapi…

Angka kasus Covid-19 di Klaten dinilai mengalami penurunan selama Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) darurat hingga level 4.

Wow, Ternyata Spongebob dan Patrick Ada di Dunia Nyata Hlo

Seorang peneliti kelautan menemukan spons dan bintang laut yang bersebelahan seperti karakter Spongebob Squarepants dan sahabatnya Patrick Star.

Kasus Corona Jateng Dilaporkan Tertinggi Se-Indonesia, Ini Bantahan Gubernur Ganjar

Gubernur Jawa Tengah (Jateng), Ganjar Pranowo, membantah kasus Corona di Jateng menjadi yang tertinggi secara nasional.

Tak Perlu Diragukan, Riset SBBI Solopos Terjamin

Solopos Media Group memilih memberikan penghargaan kepada pemegang merek yang berbasis pada riset sejak 2001.

Kiai Meninggal karena Covid-19, Baznas Genjot Vaksinasi

Baznas bekerja sama dengan Kementerian Agama menggencarkan vaksinasi Covid-19 bagi para ulama atau kiai dan santri melalui Kita Jaga Kiai.

FOTO : Ronda Masker di Pasar Legi Solo

Ronda masker ingatkan pedagang dan pembeli selalu pakai masker dan mentaati protokol kesehatan