SOLOPOS.COM - Setya Novanto (Rahmatullah/JIBI/Bisnis)

Pencatutan nama Jokowi-JK membuat desakan mundur Setya Novanto mengalir kencang. JK menilai hal itu lebih bagus.

Solopos.com, JAKARTA — Sejumlah petisi semakin gencar menuntut Ketua Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) Setya Novanto untuk mundur dari jabatannya menyusul kasus dugaan pencatutan nama Presiden dan Wakil Presiden dalam lobi kepada PT Freeport Indonesia.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Menanggapi hal itu, Wakil Presiden Jusuf Kalla menilai memang lebih baik jika Setya mundur dari jabatannya sebagai pimpinan tertinggi lembaga wakil rakyat karena akan dianggap lebih sportif. “Ya itu [Setya diminta mundur] lebih bagus sebenarnya, lebih sportif,”ujar Kalla menjawab pertanyaan wartawan di Kantor Wakil Presiden, Senin (7/12/2015).

Sebelumnya, kata sportif itu juga pernah diungkapkan Kalla ketika mengapresiasi pengunduran diri mantan Direktur Jenderal Pajak Sigit Priadi Pramudito. Saat itu, dia mengatakan sikap pengunduran diri Sigit menunjukkan adanya sportifitas dan sikap jujur yang dimiliki oleh seorang pejabat pemerintah. Sigit diketahui mengundurkan diri dari jabatannya karena tak sanggup memenuhi penerimaan pajak yang sesuai target pemerintah pada 2015.

Sejumlah petisi menuntut Setya Novanto lengser dari jabatannya sebagai Ketua DPR. Petisi dimuat di halaman www.change.org sejak 17 November 2015. Petisi kemudian diajukan kepada MKD DPR, Polri, Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK), dan rakyat. Baca: Setya Novanto Tolak Jawab Pertanyaan Soal Rekaman.

A Setiawan Abadi, sang penggagas petisi, menilai Setya Novanto telah menyalahgunakan kekuasaan legislatif, mencemarkan nama baik pimpinan tertinggi wakil rakyat, memanipulasi informasi dengan mencatut nama kepala negara untuk meminta saham, dan merugikan negara.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya