SOLOPOS.COM - Presiden Jokowi berbincang bersama Seskab dan Menteri Kesehatan, seusai rapat terbatas di rumah dinas Bupati OKI, Sumsel, Kamis (29/10/2015). (Setkab.go.id)

Pencatutan nama Jokowi, Fadli Zon meminta Wapres Jusuf Kalla menertibkan Menteri ESDM Sudirman Said karena pelaporan dugaan pencatutan nama presiden.

Solopos.com, JAKARTA–Wakil Ketua DPR Fadli Zon meminta Wapres Jusuf Kalla menertibkan Menteri ESDM Sudirman Said karena kelakuannya melaporkan dugaan pencatutan nama presiden oleh Ketua DPR Setya Novanto ke Mahkamah Kehormatan Dewan terkait renegosiasi kontrak PT Freeport.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Menurut politikus Partai Gerindra tersebut, ikhtiar Sudirman melaporkan pencatutan ke MKD setelah mendapat restu dari Kalla. Jika Kalla tak menyuruh, Sudirman kemungkinan tak akan melaporkan Novanto.

“Yang menyuruh harus kendalikan. Pak Kalla tolong ditertibkan Sudirman Said,” ujar dia dalam sebuah diskusi di Cikini, Jakarta Pusat, Minggu (21/11/2015).

Dia melihat pengungkapan transkrip rekaman pertemuan itu ke publik sebagai manuver untuk memperpanjang perusahaan tambang asal Paman Sam tersebut. “Harus kembali ke konstitusi,” imbuh dia.

Sementara itu Politikus Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan Effendi Simbolon menilai langkah Sudirman tersebut merupakan upaya pengalihan isu karena pembahasan divestasi PT Freeport di Indonesia belum selesai.

“Datanglah Sudirman Said inilah pengalihan. Dialihkan dengan cara infotainment. Freeport wajib melepas divestasi,” katanya.

Seperti diketahui, Menteri ESDM Sudirman Said pada Senin (16/11/2015) melapor ke Mahkamah Kehormatan Dewan soal pencatutan yang diduga dilakukan SN.

Rencananya MKD bersidang pada pekan depan untuk menindaklanjuti laporan Sudirman tersebut. Rekaman tersebut diduga berisi percakapan antara Setya, Dirut Freeport Maroef Sjamsuddin, dan pengusaha.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya