SOLOPOS.COM - Panduan Informasi dan Inspirasi

Solopos.com, KARANGANYAR — Setelah sepekan pencarian tanpa hasil, tim search and rescue (SAR) gabungan yang melibatkan 250 personel menghentikan proses pencarian pendaki asal Magelang yang hilang di Gunung Lawu, Selasa (8/1/2019) pukul 20.15 WIB.

Selama satu pekan menyisir berbagai lokasi di Gunung Lawu, tim SAR gabungan tidak menemukan keberadaan Alvi Kurniawan, 20, yang dinyatakan hilang sejak Senin (1/1/2019).

Promosi Lebaran Zaman Now, Saatnya Bagi-bagi THR Emas dari Pegadaian

Meski pencarian diakhiri, tim SAR gabungan tetap memantau kondisi di Gunung Lawu. Tim SAR gabungan siap melanjutkan pencarian jika ada informasi baru terkait keberadaan Alvi Kurniawan.

Berdasarkan informasi yang dihimpun Solopos.com, Alvi Kurniawan, 20, warga Mejing, Candimulyo, Magelang dilaporkan hilang saat turun dari Mbok Yem alias Pos 5 menuju Pasar Dieng atau Pos 4 di Gunung Lawu, Selasa (1/1/2019).

Tim pencari langsung bergerak melakukan penyisiran setelah mendapat laporan pada Rabu (2/1/2019). Dalam satu pekan terakhir, tim SAR gabungan sudah menyisir sejumlah lokasi di Gunung Lawu dengan berbagai metode.

Selain mencari Alvi Kurniawan di lokasi terakhir, tim SAR gabungan juga menyisir seputaran puncak, Pasar Dieng, Kamanditan, Kayangan, Hargopuroso, Sendang Kamulyan, Puncak Tiling, Sendang Macan, Gupak Menjangan, Mbok Yem, sisi selatan arah Jogorogo, Ondo Rante, Kusuma, Sendang Drajat, Bulak Peperangan dan Hutan Lumut, jalur pendakian, dan jalur nonpendakian yang diperkirakan dilewati Alvi Kurniawan.

“Iya, sudah ditutup. Tapi teman-teman dari Anak Gunung Lawu [AGL], Sukarelawan Ceto [Reco] masih melakukan penyisiran dan pemantauan. Kepada keluarga Alvi Kurniawan, kami sarankan untuk kembali ke Magelang terlebih dahulu,” kata koordinator lapangan pencarian pendaki dari Basarnas Pos SAR Solo, Amar Suudi, kepada Solopos.com, Selasa (8/1/2019) malam.

Selama pencarian Alvi Kurniawan, tim SAR gabungan juga mendapati kendala di lapangan. Hal itu termasuk berlangsungnya hujan di kawasan puncak Gunung Lawu.

“Saat hujan, pencarian dihentikan sementara. Begitu hujan reda, pencarian dilanjutkan lagi,” katanya.

Sebagaimana diketahui, standard operating procedure (SOP) pencarian pendaki hilang di Gunung berlangsung tujuh hari. Pencarian Alvi Kurniawan juga melibatkan tim lain dari Cemoro Sewu, Magetan, Jatim.

“Kami berharap dapat segera menemukan [pendaki hilang dari Magelang]. Memang sulit dideteksi,” kata Bupati Karanganyar, Juliyatmono.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya