SOLOPOS.COM - Ilustrasi pencari kerja (JIBI/Harian Jogja/Solopos)

Harianjogja.com, BANTUL—Pencari kerja terkendala dalam masalah mental terutama saat menghadapi fakta ditempatkan bekerja di luar DIY.

Kepala Seksi Pembinaan Kelembangaan Penempatan dan Pasar Kerja Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi (Disnakertrans) DIY, Dwi Santoso mengatakan, pencari kerja di DIY rata-rata dapat memenuhi kualifikasi yang ditetapkan perusahaan. Begitu menerima pengumuman, sebagian dari pencari kerja mengundurkan diri.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

“Misal pencari kerja tersebut ditempatkan di Batam lalu tiba-tiba mundur. Karena terkadang mereka tidak mau ditempatkan di luar DIY atau keluarga tidak berkenan,” ujar dia kepada Harian Jogja saat ditemui di sela-sela Job Fair Universitas Muhammadiyah Yogyakarta (UMY) dan Disnakertrans DIY di kampus setempat, Kamis (10/10/2013).

Kendati demikian, ada juga pencari kerja yang siap menerima keputusan perusahaan dan ditempatkan di luar DIY. Dari persoalan ini, Dwi berharap pencari kerja dapat mempersiapkan diri secara matang, baik masalah administrasi, pengetahuan, keterampilan, soft skill maupun mental.

Pada pameran bursa kerja yang diselenggarakan pada 8-11 Oktober 2013, Disnakertrans DIY menargetkan dapat mendatangkan pencari kerja sebanyak 6.000-7.000 orang.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya