Pencanangan 2022 Sebagai Tahun Toleransi Belum Dipahami Publik

Pencanangan 2022 sebagai tahun toleransi menemukan momentum tepat. Segregasi sosial dan pertentangan luas di masyarakat akibat politik identitas pada 2017 dan 2019 tidak boleh terulang pada 2024.

 Beberapa warga membersihkan patung dewa menjelang perayaan tahun baru Imlek di Kelenteng Fuk Ling Miau, Gondomanan, Kota Jogja, DIY, Kamis (27/1/2022). Kegiatan bersih-bersih kelenteng yang diikuti ratusan warga dari berbagai organisasi kemasyarakatan seperti Satgas PPA, Foreder, Banser, Interfaith Voice, Srili, SIV, MIM, Merkids, Pemuda Katolik,dan GK Ladies itu menjadi salah satu bentuk nyata toleransi umat beragama menyambut tahun baru Imlek yang bertepatan 1 Februari 2022. (Antara/Andreas Fitri Atmoko)

SOLOPOS.COM - Beberapa warga membersihkan patung dewa menjelang perayaan tahun baru Imlek di Kelenteng Fuk Ling Miau, Gondomanan, Kota Jogja, DIY, Kamis (27/1/2022). Kegiatan bersih-bersih kelenteng yang diikuti ratusan warga dari berbagai organisasi kemasyarakatan seperti Satgas PPA, Foreder, Banser, Interfaith Voice, Srili, SIV, MIM, Merkids, Pemuda Katolik,dan GK Ladies itu menjadi salah satu bentuk nyata toleransi umat beragama menyambut tahun baru Imlek yang bertepatan 1 Februari 2022. (Antara/Andreas Fitri Atmoko)

Solopos.com, JOGJA — Pencanangan tahun 2022 sebagai tahun toleransi oleh pemerintah yang teknisnya dilaksanakan Kementerian Agama belum sepenuhnya dipahami dengan baik oleh masyarakat. Publik di negeri ini secara umum belum memahami urgensi program tersebut.

Pada Selasa (25/1/2022), Kantor Wilayah Kementerian Agama Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) menguatkanan moderasi beragama sebagai landasan mewujudkan toleransi antarumat beragama dengan mengoptimalkan peran penyuluh agama dan para tokoh masyarakat di wilayah tersebut.

Espos Plus

Sosok Low Profile di Balik Kesuksesan Nike sebagai Brand Olahraga Dunia

+ PLUS Sosok Low Profile di Balik Kesuksesan Nike sebagai Brand Olahraga Dunia

Inilah sosok low profile yang membangun Nike dari nol hingga memiliki 700 outlet serta mempekerjakan 44.000 orang yang tersebar di lebih dari 170 negara pada awal abad ke-21.

Terpopuler Hari Ini

Lahan Tandus di Sukoharjo Disulap Jadi Taman Rekreasi, Bisa Tubing Lur

Masyarakat Dukuh Suruhan, Desa Bulu, Polokarto, Sukoharjo, mengubah tanah tandus di wilayah itu menjadi taman rekreasi lengkap dengan fasilitas tubing.

Jos! Pesilat Karangpakel Klaten Sumbang Medali di SEA Games Vietnam

Khoirudin Mustakim, pesilat asal Klaten menyumbangkan medali perak untuk kontingen Indonesia pada ajang SEA Games 2021 di Vietnam.

13 Korban Meninggal, Begini Kronologi Kecelakaan Bus di Tol Surabaya

Puluhan korban kecelakaan bus di Km 712+400 Jalur A Tol Surabaya-Mojokerto (Sumo) pada Senin (16/5/2022) pagi sekitar pukul 06.15 WIB dievakuasi ke sejumlah rumah sakit yang berbeda.

Dua Orang Meninggal Kecelakaan 2 Truk di Jl. Solo-Semarang Boyolali

Polisi menyebut dua orang meninggal dalam kecelakaan dua truk di Jl. Raya Solo-Semarang, tepatnya di timur SPBU Teras, Kabupaten Boyolali, pada Selasa (17/5/2022).

Boyolali Hari Ini: 16 Mei 2015, Pendaki Jogja Jatuh ke Kawah Merapi

Tujuh tahun lalu, tepatnya pada 16 Mei 2015, seorang pendaki gunung asal Jogja jatuh ke arah kawah Merapi pada Sabtu (16/5/2015) siang.

Beredar Surat PLN Solo Tertibkan Pemakaian Daya, 450 VA Jadi 1.300 VA

Surat berisi pemberitahuan dari PLN kepada pelanggan mengenai penertiban daya listrik dari 450 VA menjadi 1.300 VA beredar di Solo.

Breaking News! Dua Truk Alami Kecelakaan di Jl. Solo-Semarang Boyolali

Dua unit truk terlibat kecelakaan di Jl. Raya Solo-Semarang, tepatnya di timur Stasiun Pengisian Bahan Bakar Umum (SPBU) Teras, Kabupaten Boyolali, Jawa Tengah pada Selasa (17/5/2022).

Inilah Mustakim, Pesilat Klaten Hobi Ngarit yang Bikin Harum Bangsa

Khoirudin Mustakim, pesilat asal Klaten menyumbangkan medali perak untuk kontingen Indonesia pada ajang SEA Games 2021 di Vietnam, Senin (16/5/2022).

Apa Itu Gundul Pringis? Hantu Legendaris di Jembatan Jurug Solo

Gundul Pringis atau Gundul Pecingis menjadi sosok misterius yang konon sering menghantui di sekitar Jembatan Jurug Solo.

13 Orang Meninggal, Ini Foto-Foto Kecelakaan Bus di Tol Surabaya

Bus Ardiansyah berpelat nomor  S 7322 UW yang membawa 25 orang itu mengalami kecelakaan dalam perjalanan dari Yogyakarta menuju ke Surabaya

Bluar! Dikira Truk BBM Terbakar di Jl. Solo-Semarang Boyolali, Ternyata

Salah seorang warga menyampaikan kesaksian saat kecelakaan melibatkan dua truk di Jl. Raya Solo-Semarang, tepatnya di timur SPBU Teras, Kabupaten Boyolali, pada Selasa (17/5/2022).

Adegan Panas Achmad Megantara dan Aghniny Haque di KKN di Desa Penari

Pemeran Bima dan Ayu, Achmad Megantara dan Aghniny Haque, menceritakan tantangan mereka melakoni adegan panas dalam film KKN di Desa Penari.

Wow! Klaten Jadi Daerah dengan Masjid Terbanyak di Jateng

Kabupaten Klaten menjadi daerah dengan masjid paling banyak di Jawa Tengah (Jateng).

Viral Warga Rusak Motor Orang Lewat, Buntut Konflik 2 Desa di Jepara?

Video yang menunjukkan sejumlah warga merusak sepeda motor pengguna jalan viral dan diduga terkait konflik dua desa di Jepara.

Resmi! Indonesia U-23 Bertemu Thailand di Semifinal SEA Games 2021

Indonesia U-23 akan menghadapi Thailand yang menjadi juara Grup B dengan 9 poin seusai mengalahkan Laos 1-0 dan hasil imbang Malaysia melawan Kamboja 2-2.

Polisi: Kecelakaan Maut di Tol Surabaya Diduga karena Sopir Bus Ngantuk

Polisi menduga kecelakaan maut di Tol Surabaya-Mojokerto disebabkan sopir bus yang mengantuk.