SOLOPOS.COM - Ilustrasi (republika.co.id)

Ilustrasi (republika.co.id)

SOLO – Menjelang tutup tahun anggaran 2012, program pencairan dana Bantuan Operasional Sekolah (BOS) di Solo dinilai sesuai target. Saat ini BOS triwulan IV di Solo telah cair kurang lebih Rp15,2 miliar.

Promosi Efek Ramadan dan Lebaran, Transaksi Brizzi Meningkat 15%

Manajer BOS Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga (Disdikpora) Solo, Supraptiningsih, menjelaskan dana BOS triwulan IV telah cair pada Oktober dengan rincian sebesar Rp9.541.870.000 untuk 65.806 siswa di jenjang SD, dan Rp 5.755.437.500 untuk 32.425 siswa SMP.

Dijelaskannya, besaran BOS SD tahun 2012 adalah Rp580.000/tahun dan bagi siswa SMP Rp710.000/tahun. Pencairan dilakukan setiap triwulan. Jumlah penerima BOS Kota Solo pada triwulan pertama sebanyak 67.911 siswa SD dan 32.043 siswa SMP. Sedangkan pada triwulan kedua adalah 67.407 siswa SD dan 31.917 siswa SMP.

Setelah proses pencairan yang dinilai lancar, selanjutnya Disdikpora akan mempersiapkan laporan pertanggungjawaban (LPj) ke pusat yang harus dilaporkan sebelum 5 Januari 2013. Sebagai persiapan LPj, pihaknya mulai merekap data sejak triwulan I sesuai dengan delapan standar nasional pendidikan, antara lain standar isi, proses, sarana dan prasarana, pembiayaan dan pengelolaan. Sementara itu sekolah juga harus menyampailan laporan ke Disdikpora.

Selama 2012, Prapti menilai tidak ada kendala yang dihadapi Disdikpora dalam mencairkan dana BOS, karena peraturan dan petunjuk teknis pencairan lebih mudah. Kali ini pencairan dana BOS langsung ke rekening sekolah dan tidak melalui kas daerah seperti tahun lalu. “2011 agak terlambat karena harus lewat kasda,” jelasnya.

Sementara itu, Dewan Pendidikan Kota Solo (DPKS) saat ini sedang dalam proses evaluasi pelaksanaan BOS di Solo. Pihaknya masih dalam proses mengumpulkan data dan fakta di lapangan untuk melihat realisasi BOS 2012. “Kami belum bisa menilai apakah pelaksanaan BOS di Solo sudah sesuai target atau belum, karena masih dalam proses,” ujar Ketua DPKS, Ichwan Dardiri kepada Solopos.com.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya