SOLOPOS.COM - Panduan Informasi dan Inspirasi

WONOGIRI—Keluarga korban kasus pencabulan oleh 10 siswa SMP di Jatiroto Wonogiri menuntut Dinas Pendidikan Wonogiri untuk mencabut izin sekolah tersebut. Mereka juga meminta guru-guru yang berkaitan dengan pendidikan moral di sekolah itu diberhentikan.

Tuntutan tersebut disampaikan pihak keluarga korban yang diwakili Ketua Lembaga Swadaya Masyarakat (LSM) Cahaya Hati Rakyat, Supardi, saat mediasi di Kantor Dinas Pendidikan (Disdik) Wonogiri, Kamis (25/10/2012). Selain ayah korban asal Sidoharjo, dalam mediasi itu juga hadir Ketua Yayasan Pembina Lembaga Pendidikan (YPLP), Sutikno.

Promosi Lebaran Zaman Now, Saatnya Bagi-bagi THR Emas dari Pegadaian

Mewakili keluarga korban, Ketua LSM Cahaya Hati Rakyat, Supardi, menegaskan akan melanjutkan kasus itu sampai tuntas. Dia juga mengaku sudah menghubungi salah satu LSM perlindungan anak di Solo untuk mencari dukungan.

Dia menuturkan pihak keluarga korban tidak puas jika hukumannya hanya berupa pembinaan. “Itu tidak adil jika sanksinya  hanya diberi pembinaan, kami menuntut izin sekolah itu dicabut dan sekolah itu ditutup. Pola pembelajaran di sekolah itu sudah tidak sesuai yang diharapkan,” tegasnya.

Menurut Supardi, terjadinya kasus pencabulan itu adalah bukti pihak sekolah telah lalai mengawasi murid-muridnya serta kurangnya pendidikan moral dan budi pekerti di sekolah itu sehingga murid-muridnya bertindak amoral.

Ayah korban, DP, mengatakan saat ini anaknya sudah dipindah dari sekolah sebelumnya. “Saya sangat kecewa dengan pola pendidikan sekolah lama, seakan menyepelekan kasus ini dan yang jelas menutupi kasus ini,” ujarnya kepada Solopos.com, seusai mediasi.

Dia berharap pihak berwajib mengusut tuntas kasus itu dan memberikan sanksi yang setimpal kepada pelaku, sebagai pembelajaran bagi masyarakat agar kasus serupa tidak terulang lagi.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya