SOLOPOS.COM - Bus Trans Jogja (JIBI/Harian Jogja/Gigih M. Hanafi)

Harianjogja.com, JOGJA- Pemerintah DIY akan melakukan penataan transportasi dengan mengganti bus kota menjadi bus Trans Jogja.

Kepala Unit Pelaksana Teknis (UPT) Trans Jogja Dishubkominfo DIY Agus Minang menjelaskan, skema penggantian bus kota adalah setiap dua bus kota digantikan oleh satu bus Trans Jogja.

Promosi Santri Tewas Bukan Sepele, Negara Belum Hadir di Pesantren

Semua bus akan tergantikan dengan bus baru. Sebab meski Dishub mencatat ada 300 trayek bus kota, kenyataannya yang beroperasi hanya sekitar 50 bus.

Akan tetapi untuk memperoleh bus dan rute baru tersebut, pengelola bus harus mengikuti lelang.

Rencananya hanya akan ada empat perusahaan operator besar Trans Jogja. Hanya secara teknis belum diketahui apakah lima operator bus itu mesti melebur menjadi satu konsorsium atau merger antarkoperasi otobus untuk meminimalisasi persoalan.

“Yang jelas ke depan tidak ada lagi bus kota yang beroperasi,” ujarnya, Kamis (7/11/2013).

Agus menegaskan sesuai rencana semua bus Trans Jogja beroperasi pada Januari 2015. Tapi, ia tetap menghitung ada masa transisi selama satu bulan.

”Januari sebagai masa transisi sehingga Februari semua bus kota sudah harus digantikan Trans Jogja,” tuturnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya