SOLOPOS.COM - Stasiun Wates (JIBI/Harian Jogja/Switzy Sabandar)

Harianjogja.com, KULONPROGO-Pemerintah Kabupaten Kulonprogo berjanji tidak akan ada pembongkaran kios pedagang Stasiun Wates dalam waktu dekat, sekalipun sudah melewati batas waktu penangguhan yang diberikan PT Kereta Api Indonesia (KAI).

Alasannya, belum ada kepastian tempat relokasi sementara bagi para pedagang yang sudah puluhan tahun menempati kios tersebut.

Promosi Mitsubishi XForce: Stylish untuk Wanita, Praktis buat Ibu Muda

Sebelumnya, PT KAI mengabulkan permohonan Pemkab Kulonprogo untuk menangguhkan waktu pembongkaran kios hingga akhir Januari 2014.

Ketika itu, pedagang kios mengadu ke pemkab karena merasa pemberitahuan pembongkaran kios mendadak, yakni hanya berselang dua minggu dari sosialisasi.

Kepala Dinas Koperasi dan UMKM Kulonprogo, Sri Hermintarti, menuturkan, untuk sementara waktu pedagang kios masih dapat menempati areal Stasiun Wates sampai ada tempat relokasi.

“Tapi nanti ketika tempat relokasi sudah ditentukan, pedagang harus pindah karena mereka juga sudah menerima keputusan PT KAI melalui surat persetujuan,” ujarnya, Selasa (4/2/2014).

Dijelaskannya, saat ini proses penentuan relokasi sedang berlangsung dan Sekda Kulonprogo juga sudah bertemu dengan Kepala Daop VI dan masing-masing pihak saling menyesuaikan, dalam hal ini PT KAI kembali memberi toleransi kembali bagi pedagang kios Stasiun Wates.

PT KAI, kata dia, juga tidak memberi target waktu kepada pemkab Kulonprogo terkait pencarian tempat untuk relokasi sementara pedagang kios, kendati demikian, pemkab terus berusaha mencarikan tempat yang sesuai dan tidak melanggar aturan.

“Beberapa lokasi alternatif sudah ada, tetapi masih kami bicarakan dengan dinas-dinas terkait supaya tidak melanggar,” tukas dia.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya