SOLOPOS.COM - Kios depan Stasiun Wates dibongkar. (Switzy Sabandar/JIBI/Harian Jogja)

Harianjogja.com, KULONPROGO—Kios yang menempati areal Stasiun Wates mulai dibongkar, Rabu (19/2/2014). PT Kereta Api Indonesia (KAI) menjanjikan, dalam waktu dua bulan pedagang bakal menempati kios permanen pengganti yang berlokasi di timur stasiun.

Awalnya, pembongkaran kios yang berlangsung mendadak sempat membuat para pedagang terkejut. Terlebih, mereka hanya diberikan waktu 1×24 jam untuk mengosongkan kios masing-masing.

Promosi Berteman dengan Merapi yang Tak Pernah Berhenti Bergemuruh

Akan tetapi, setelah mendapat penjelasan dari PT KAI bahwa pedagang akan dibangunkan kios permanen dan masih dapat berjualan di areal Stasiun Wates, mereka lega.

Utami Budi Wiharti, 35, salah satu pedagang kios di Stasiun Wates, menuturkan, sekitar pukul 11.30 WIB, petugas KAI datang bersama tukang untuk membongkar kios.

“Saya belum tahu rencana dua bulan ini, akan tetapi jalan keluar ini lebih baik karena kami akhirnya tetap dapat berjualan di kawasan stasiun dan mendapat kios permanen bukan sementara,” jelasnya kepada wartawan.

Pedagang kios Stasiun Wates juga sudah mengundang Pemkab Kulonprogo, dalam hal ini, Kepala Dinas Koperasi dan UMKM Kulonprogo, dan memberitahukan kegiatan pembongkaran.

Menurutnya, pemkab belum dapat memberi solusi terkait dengan nasib pedagang. Pasalnya Pemkab masih beleum memastikan lokasi kios sementara yang nantinya bakal ditempati pedagang.

Sebelumnya, Pemkab Kulonprogo sempat mengajukan permohonan pembangunan kios sementara di lahan yang sudah disediakan.

Dalam permohonan tersebut, pemkab meminta bantuan Rp135 juta untuk membangun 12 kapling kios sementara yang berada di sebelah selatan Stasiun Wates, akan tetapi permohonan tersebut tidak disetujui.

Kelegaan bakal mendapat ganti kios permanen juga diungkapkan,Didik Purwanto, 51. “Walaupun harus puasa dua bulan [menunggu kios permanan jadi], tetapi kalau dilihat prospeknya, pedagang tidak keberatan,” ujar dia.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya