SOLOPOS.COM - Stasiun Tugu/dok

Penataan Stasiun Tugu untuk lahan baru dipersiapkan.

Harianjogja.com, JOGJA — PT.Kereta Api Indonesia (KAI) menyatakan sudah menyiapkan lahan baru untuk memindahkan pedagang Jalan Pasar Kembang. Namun lahan baru itu masih dirahasiakan.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Manager Humas PT.KAI Daerah Operasional 6, Eko Budianto menyampaikan relokasi ke lokasi yang sudah disiapkan di luar stasiun.

Ekspedisi Mudik 2024

“Pokoknya tidak mungkin dipindah ke dalam stasiun, karena dalam stasiun nantinya dikhususkan untuk penumpang saja,” ujar Eko, Sabtu (17/9/2016) sore.

Pedagang yang ada dalam stasiun pun, sambung Eko akan dipindah secara bertahap. Sudah ada beberapa pedagang di dalam area stasiun yang dipindah setelah masa kontraknya habis, di ntaranya adalah kios Soto Sulung, kios Wedang Uwuh.

(Baca Juga : PENATAAN STASIUN TUGU : Kraton Dukung Penataan Stasiun Tugu)

Menurut Eko, penataan dilakukan demi kenyamanan masyarakat. Rencananya area trotoar di sepanjang Jalan Pasar Kembang yang saat ini masih ditempati pedagang akan difungsikan kembali untuk pejalan kaki. Bahkan trotoar dengan luas sekitar tiga meter itu nantinya akan ditambah menjadi enam meter.

Lantai trotoar akan dipasang alas teraso. Dengan demikian, Stasiun Tugu nantinya akan terlihat jelas dari Jalan Pasar Kembang, “Tidak seperti sekarang tertutup begitu,” ujar Eko. Saat disinggung kapan relokasi pedagang dieksekusi, Eko menyatakan secepatnya.

Sebelumnya, Executive Vice President PT KAI Daerah Operasional 6 Jogja, Hendy Helmy relokasi pedagang Jalan Pasar Kembang ditargetkan selesai pada bulan ini. Pihaknya tinggal menunggu persetujuan dari Kraton Ngayogyakarta Hadiningrat selaku pemilik lahan. Kraton melalui Penghageng Panitikismo Kanjeng Gusti Pangeran Haryo (KGPH) Hadiwinoto sudah memberi lampu hijau dalam penataan tersebut karena penataan itu agar lebih bagus.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya