PENATAAN STASIUN JEBRES : Pasar Tradisional Jadi Penunjang Destinasi

 Tampak depan Stasiun Jebres (JIBI/SOLOPOS/Agoes Rudianto)

SOLOPOS.COM - Tampak depan Stasiun Jebres (JIBI/SOLOPOS/Agoes Rudianto)

Solopos.com, SOLO–Sejumlah pasar tradisional di kawasan Stasiun Solo Jebres bakal menjadi tulang punggung wisata cagar budaya di wilayah itu. Proyeksi tersebut menyusul kelanjutan penataan kawasan stasiun oleh PT Kereta Api Indonesia (KAI) tahun ini.

Kepala Dinas Tata Ruang Kota (DTRK) Solo, Endah Sitaresmi, mengatakan Stasiun Jebres akan menjelma menjadi destinasi wisata baru seiring pemugaran stasiun tahun 2014. Menurutnya, pengembangan wisata stasiun yang dibangun tahun 1884 ini harus didukung penataan kawasan di sekitarnya. “Wilayah di sekelilingnya harus menopang stasiun sebagai kawasan cagar budaya,” ujarnya saat ditemui wartawan di Loji Gandrung, Jumat (17/1/2014).

PromosiRekomendasi Merek Jeans Terbaik Pria & Wanita, Murah Banget!

Sejak 2012, Pemkot telah menganggarkan dana untuk mendukung penataan kawasan Stasiun Jebres. Penataan salah satunya dengan membuat jalur pejalan kaki dan shelter di ujung Jl Ledoksari menuju stasiun. Tahun ini, pihaknya berencana menitikberatkan penataan pada aspek sosiologis kawasan stasiun. Sita mengatakan pedagang pasar tradisional di sekitar Stasiun Jebres bakal diarahkan menjual palawija seperti konsep lawas pasar.

“Dulu Pasar Ledoksari menjadi tempat berdagang palawija dari luar daerah. Selain itu, kawasan ini menjadi jujugan para pengolah jamu. Tentu ini bisa menjadi ikon bila dikemas secara baik.”

Pihaknya segera berkomunikasi dengan Dinas Pengelolaan Pasar Solo ihwal rencana tersebut. Sebab, kini tak sedikit pedagang yang menjual barang dagangan umum seperti mie instan dan peralatan rumah tangga. Di kawasan stasiun terdapat tiga pasar tradisional yakni Ledoksari, Rejosari dan Jebres.

Sementara itu, Kepala Pusat Pelestarian Benda dan Aset Bersejarah PT KAI, Ella Ubaidi, mengatakan Stasiun Jebres resmi didapuk sebagai stasiun wisata cagar budaya. Oleh karenanya, secara bertahap PT KAI akan memindahkan angkutan penumpang Jebres menuju Stasiun Purwosari. “Pemberangkatan penumpang di Jebres tidak dihilangkan, hanya dikurangi jumlahnya,” ujar dia.

Pihaknya menargetkan tahun ini wisata stasiun tersebut mulai terealisasi. Dana sebesar Rp400 juta telah dianggarkannya pada 2014 untuk menyokong pemugaran stasiun. Di sisi lain, pihaknya berencana membentuk zona komersial untuk menyokong pemeliharaan kawasan cagar budaya di sekitar stasiun. “Bentuknya mungkin pertokoan hingga mini museum. Yang jelas zona ini diperlukan untuk menjaga keberlangsungan cagar budaya.”

Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini". Klik link https://t.me/soloposdotcom kemudian join/bergabung. Pastikan Anda sudah menginstall aplikasi Telegram di ponsel.

Solopos.com Berita Terkini

Berita Terkait

Berita Lainnya

      Espos Plus

      Indonesia Butuh Cetak Biru Pedagogi Digital

      + PLUS Indonesia Butuh Cetak Biru Pedagogi Digital

      Indonesia membutuhkan cetak biru pedagogi digital. Kebutuhan ini urgen berdasarkan pengalaman penyelenggaraan pendidikan pada masa pandemi Covid-19. Pandemi kini telah masuk tahun ketiga.

      Berita Terkini

      Tampil di Publik, Istri Mas Bechi Sebut Suaminya hanya Korban Fitnah

      Durrotun Mahsunnah, istri terdakwa kasus pencabulan Moch Subchi Azal Tsani (MSAT) alias Mas Bechi, berbicara mengenai kasus pencabulan yang menjerat suaminya.

      Juara Piala AFF U-16 2022, Bima Sakti: Ini untuk Masyarakat Indonesia

      Gol semata wayang kemenangan yang memastikan Indonesia juara Piala AFF U-16 2022 dicetak oleh Muhammad Kafiatur Rizky (45+2).

      Siapa Pendiri Pramuka Indonesia? Ini Penjelasannya

      Untuk mengetahui siapa pendiri Pramuka, ketahui terlebih dulu sejarahnya.

      Kena Bully, Ketua Kompolnas Benny Mamoto Malu Dibohongi Ferdy Sambo

      Benny Mamoto menjadi bahan perundungan publik beberapa hari lalu karena salah menyimpulkan terkait kasus penembakan Brigadir J yang melibatkan mantan Kadiv Propam Ferdy Sambo.

      Mix Fold 2 Ponsel Lipat dari Xiaomi Berkamera Leica

      Ponsel lipat sepertinya sedang jadi idola karena Xiaomi juga yang meluncurkan produk serupa bernama Xiaomi Mix Fold 2 dengan kamera Leica.

      Suap "Ketok Palu" APBD, KPK Tahan Mantan Wakil Ketua DPRD Tulungagung

      Komisi Pemberantasan Korupsi menahan mantan Wakil Ketua DPRD Kabupaten Tulungagung, Agus Budiarto, sebagai tersangka dalam kasus suap "ketok palu" APBD.

      Indonesia Juara Piala AFF U-16 2022, Sejarah dan Kado Spesial

      Pelatih Vietnam, Nguyen Quoc Tuan, justru harus mengakui timnya tumbang di kaki Indonesia yang secara meyakinkan keluar sebagai juara Piala AFF U-16 2022.

      Penjual Thrift di Solo Klaim Jual Produk Bersih dan Tak Rugikan IKM

      Sejumlah pelaku usaha thrift di Soloraya menampik penuturan Kemendag. Mereka menilai, produk yang mereka jual telah dipastikan kebersihannya.

      Ketika Dapur Rumah Tangga Artis Jadi Andalan Infotainment di Televisi

      Tayangan infotainment masih dibangun berdasarkan pola badnews is goodnews.

      Hukum Potong Rambut saat Haid Menurut Islam

      Bagaimana hukum potong rambut saat haid?

      Kasus Disetop, Tidak Ada Pelecehan Seksual terhadap Istri Ferdy Sambo

      Penghentian penyelidikan karena tidak ditemukan unsur pidana dalam laporan kasus tersebut.

      Mahasiswa UGM Kritik Rencana Konversi Kegiatan Aktivis Jadi SKS

      Rencana konversi kegiatan aktivis menjadi SKS di kampus UGM mendapat kritik keras dari mahasiswa.

      Wah! Selvi Ananda Gibran Ternyata Suka Musik UK Drill, Pernah Dengar?

      Istri Wali Kota Solo Gibran Rakabuming Raka, Selvi Ananda, yang selalu tampil anggun ternyata menyukai musik UK drill yang merupakan subgenre rap.

      Upaya Keberlanjutan IKM Kulonprogo di Masa Pandemi

      Produk buatan masyarakat Kulonprogo harus inovatif sehingga harus ada inovasi produk yang dikehendaki pasar.

      Deklarasi Koalisi Gerindra-PKB Digelar Besok

      Koalisi akan mengusung Prabowo sebagai capres sedangkan cawapres bisa dari PKB.