SOLOPOS.COM - Pembongkaran kios di Stasiun Jebres, Senin (3/2/2014). (JIBI/Solopos/Sunaryo Haryo Bayu)

Solopos.com, SOLO — PT KAI Daops VI akhirnya merobohkan 20 kios yang dihuni para pedagang di Stasiun Kereta Api (KA) Jebres, Solo, Senin (3/2/2014). Guna mengamankan jalannya pembongkaran, PT KAI mengerahkan 155 petugas keamanan gabungan yang terdiri atas anggota Polri, TNI, Polsuska, dan pegawai PT KAI Daops VI.

“Hari ini seluruh barang-barang pedagang yang ada di kios harus dikeluarkan semua karena kios segera diratakan dengan tanah. Kami juga menyediakan 30 tenaga bongkar untuk membantu penghuni kios yang bersedia membongkar sendiri kios masing-masing,” ujar Senior Manajer Keamanan Daops VI, Pasrep Nurhadi ketika ditemui wartawan di sela-sela pembongkaran.

Promosi Pegadaian Buka Lowongan Pekerjaan Khusus IT, Cek Kualifikasinya

Sebelumnya, para pedagang yang menguni kios di Stasiun KA Jebres resah karena  kios yang mereka tempati bertahun-tahun di dalam stasiun itu harus dibongkar. Pasrep mengaku bersyukur karena pembongkaran kios tidak menemui halangan berarti. Karena itu dia menargetkan pada Selasa (4/2/2014) pembongkaran kios bisa selesai.

Dia menjelaskan bekas bangunan kios yang semula berderet di barat dan timur Kantor Stasiun Jebres itu akan digunakan untuk pengembangan stasiun. Jadi, kata dia, bekas bagunan kios-kios itu nantinya dibiarkan kosong dan tak ada bangunan apa pun.

Sementara itu, seorang pedagang yang menghuni kios paling timur, Rini, 55, mengaku pasrah dengan pembongkaran kios tersebut. Dia juga mengaku belum tahu di mana barang-barang dagangan dan perabot miliknya itu akan disimpan.

“Dulu saya tidur di kios, tetapi setelah mendapat kabar kios akan dibongkar, saya menyewa rumah di sekitar stasiun ini. Saya memilih menyewa tempat dekat stasiun ini karena matapencaharian saya di sini. Karena itu nanti saya dan teman-teman tetap akan berjualan di sini sebagai asongan,” ujar dia.

Dia juga mengaku tak habis pikir dengan komitmen Wali Kota dan pihak PT KAI yang semula dinilai akan merelokasi para pedagang. Sebab hingga kios dibongkar, relokasi para pedagang di Stasiun Jebres tak ada kejelasan.

Karena itu hingga kemarin, dia mengaku belum tahu barang-barang dagangan yang telah dikeluarkan dari kios akan disimpan di mana. Karena jika barang-barang itu dibawa ke rumah kontrakannya, ruang di kontrakannya tak akan muat.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya