SOLOPOS.COM - Kolam renang utama objek wisata Pandawa Water World, Solo Baru, Sukoharjo. (Inna Surya Sari/JIBI/Solopos.com)

Penataan Solo Baru, satu unversitas swasta berinvestasi Rp10 miliar untuk mendirikan perguruan tinggi di kawasan Solo Baru.

Solopos.com, SUKOHARJO--Universitas swasta terkemuka dipastikan dibangun di kawasan Solo Baru, Kecamatan Grogol di lahan seluas lebih dari satu hektare. Total investasi yang ditanamkan mencapai Rp10 miliar.

Promosi Selamat! Direktur Utama Pegadaian Raih Penghargaan Best 50 CEO 2024

Informasi yang dihimpun Solopos.com, Jumat (16/10/2015), menyebutkan universitas swasta itu bakal dibangun oleh Yayasan Indriati. Mereka telah mengajukan izin pendirian jasa pendidikan tinggi program gelar swasta ke Badan Penanaman Modal dan Pelayanan Perizinan (BPMPP) Sukoharjo.

Izin tersebut diterbitkan BPMPP Sukoharjo dengan nomor 2/3311/IP/PMDN/2015 tertanggal 5 Oktober.

Sekretaris BPMPP Sukoharjo, Teguh Pramono, mengatakan ada beberapa perusahaan asing maupun dalam negeri yang menanamkan investasi di Sukoharjo pada tahun ini. Salah satu perusahaan dalam negeri yang menanamkan investasi yakni Yayasan Indriati yang bergerak di bidang jasa pendidikan tinggi program gelar swasta.

“Saya tunggu-tunggu karena sebelumnya hanya wacana pembangunan universitas swasta. Setelah ada kepastian, silakan saja karena bisa meningkatkan investasi di Sukoharjo,” kata dia saat ditemui Solopos.com di kantornya, Jumat.

Namun, dia belum mengetahui kepastian pengerjaan proyek pembangunan univeritas swasta tersebut. Kemungkinan proyek pembangunan universitas swasta dikerjakan paling cepat pada tahun depan. Pihak Yayasan Indriati harus menyosialisasikan rencana pembangunan universitas swasta kepada Pemerintah Desa (Pemdes) Langenharjo dan warga setempat.

Apabila universitas swasta dibangun di Solo Baru maka kawasan itu tak hanya menjadi pusat bisnis semata melainkan pendidikan. “Kawasan Solo Baru akan berkembang pesat apalagi ada universitas swasta yang berdampak pada meningkatnya tingkat perekonomian,” papar dia.

Kepala Desa Langenharjo, Kecamatan Grogol, Sugiman Madyo Utomo, mengatakan lahan pembangunan universitas swasta terletak tepat di sebelah barat Kantor Kepala Desa Langenharjo. Dia belum mengetahui pengerjaan proyek pembangunan universitas swasta tersebut.

Selama ini, belum pernah ada sosialisasi rencana pembangunan universitas swasta yang diikuti Pemdes Langenharjo maupun warga setempat.

“Kalau memang kabar itu benar [pembangunan universitas swasta] pasti nanti pemilik yayasan akan menyosialisasikan terlebih dahulu kepada warga setempat. Istilahnya kulo nuwun karena ada proyek pembangunan universitas swasta,” kata dia.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya