SOLOPOS.COM - Ganjar Pranowo (JIBI/Harian Jogja/Dok.)

Kanalsemarang.com, SEMARANG-Gubernur Jawa Tengah (Jateng) Ganjar, Pranowo akan merampingkan struktur organisasi Pemerintah Provinsi (Pemprov) Jateng.

“Struktur organisasi Pemprov Jateng sekarang gemuk, sehingga perlu dirampingkan,” katanya kepada wartawan di Semarang akhir pekan lalu.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Menurut dia, dengan struktur organisasi yang gemuk kinerjanya kurang efektif dan efisien dalam menangani permasalahan.

Ekspedisi Mudik 2024

Namun, Gubernur belum menentukan dinas atau satuan kerja perangkat daerah (SKPD) mana yang akan dirampingkan dengan digabung ke dinas lain.

Untuk melakukan perampingan struktur organisasi Pemprov Jateng, lanjut Ganjar akan meminta pendapat ahli pemerintahan dari Universitas Diponegoro (Undip) Semarang dan Universitas Gadjah Mada (UGM) Jogja.

”Kami telah meminta ahli pemerintahan dari Undip dan UGM untuk mengkaji perampingan struktur organisasi Pemprov,” tandasnya.
Seperti diketahui  struktur organisasi satuan kerja perangkat daerah (SKPD) atau dinas di Pemprov Jateng sekarang sekitar 19 SKPD, antara lain Dinas Pendidikan (Disdik). Dinas Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM), Dinas Kebudayaan dan Pariwisata, Dinas Tanaman Pangan dan Hortikultura. Dinas Pertanian dan Kesehatan Hewan, Dinas Pendapatan dan Pengelolaan Aset Daerah (DPPAD). Dinas Kesehatan, Dinas Sosial, Dinas Kehutanan, Dinas Pemuda dan Olahraga (Dispora), Dinas Koperasi dan UMKM.

Dinas Perkebunan, Dinas Bina Marga, Dinas Cipta Karya dan Tata Ruang, Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Disperindag). Dinas Tenaga Kerja, Transmigrasi, dan Kependudukan, Dinas Pengelolaan Sumber Daya Air (PSDA).

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya