SOLOPOS.COM - Aktivitas petugas kebersihan memindahkan sampah dari gerobak ke mobil pengangkut di sisi barat taman parkir, Stadion Sriwedari Solo, Kamis (31/3/2016). Pemindahan sampah tersebut dialihkan dari sisi timur taman parkir sebagai salah satu persiapan pelaksanaan program relokasi pedagang kaki lima (PKL) gerobak kuning citywalk pada Jumat (1/4/2016). (Ivanovich Aldino/JIBI/Solopos)

Penataan PKL Solo, para pedagang di city walk bersedia pindah di selatan Stadion Sriwedari.

Solopos.com, SOLO–Pedagang Kaki Lima (PKL) gerobak kuning yang menggelar dagangan di sepanjang city walk Jl. Slamet Riyadi melunak. Mereka bersedia direlokasi ke sisi selatan Stadion Sriwedari, Jumat (1/4/2016).

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Berdasarkan pantauan Solopos.com, sejumlah perwakilan PKL gerobak kuning mendatangi Wali Kota Solo F.X. Hadi Rudyatmo, Kamis (31/3/2016) sekitar pukul 15.00 WIB. Kedatangan perwakilan PKL untuk meminta toleransi perpanjangan waktu pemindahan ke selatan Stadion Sriwedari. Pertemuan PKL dilakukan tertutup di ruang rapat Wali Kota selama hampir satu jam.

Perwakilan PKL, Buyeng Hartawan atau Wawan mengatakan pedagang akhirnya menerima keputusan untuk pindah ke lokasi yang telah disiapkan Pemkot di sisi selatan Stadion Sriwedari. “Besok pagi [Jumat hari ini] kami akan boyongan ke sana. Kami menerima keputusan itu. Kami dijanjikan akan dibangunkan selter di sana, dan kami akan menagih janji itu,” katanya ketika dijumpai wartawan seusai pertemuan.

Dia mengatakan Wali Kota menjanjikan akan membangun selter untuk menampung PKL gerobak kuning. Selter akan dibangun di belakang bangunan Museum Keris atau selatan Stadion Sriwedari. Sesuai janjinya, Pemkot mewacanakan membangun selter sebelum Museum Keris dioperasionalkan. “Jadi kami bersedia pindah, karena janji itu [dibangun selter],” katanya.

Sementara selama menempati lokasi baru, dia mengatakan pedagang akan menggunakan gerobak kuning. Nanti gerobak kuning akan diganti dengan gerobak stainless sesuai yang dijanjikan Wali Kota. Pihaknya berharap Wali Kota menepati janji dan merealisasikan pembangunan selter bagi PKL. “Nanti rencananya selain dibangun selter juga akan dibangun taman di selatan Stadion,” katanya.

Wali Kota F.X. Hadi Rudyatmo mengatakan tak memberi toleransi bagi PKL gerobak kuning untuk tetap berjualan di kawasan city walk. Para PKL tersebut harus pindah ke lokasi yang disiapkan Pemkot di selatan Stadion Sriwedari. Pihaknya telah meminta Satpol PP dibantu anggota perlindungan masyarakat (linmas) untuk memantau city walk pasca relokasi pedagang ke selatan stadion.

Rudy, sapaan akrabnya mengatakan selama ini pemkot tidak hanya sekedar menata PKL. Namun nantinya Pemkot akan memberikan lokasi yang layak untuk PKL gerobak kuning dengan dibangunkan selter.

“Tapi pekerjaannya dilakukan bertahap. Kita kan butuh untuk dianggarkan dulu. Tidak bisa langsung asal bangun selter,” kata Rudy.

Rudy meminta PKL tak perlu resah atau khawatir omset menurun di lokasi baru. Menurutnya, bursa mobil Sriwedari setiap pekan dinilai bakal mampu mendongkrak omset para PKL. Apalagi bakal dibukanya Museum Keris pada tahun ini yang juga akan berdampak positif bagi kelangsungan PKL.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya