SOLOPOS.COM - Ilustrasi penataan PKL oleh aparat Satpol PP. (JIBI/Solopos/Antara/Aries Zaldi)

Penataan pedagang Pasar Kembang Kalisari membuat mereka harus direlokasi ke Lapangan Garnisun Kota Semarang.

Semarangpos.com, SEMARANG — Pemerintah Kota Semarang memastikan seluruh pedagang bunga di Pasar Kembang Kalisari akan direlokasi ke Lapangan Garnisun seiring rencana penataan kawasan tersebut. “Mereka [pedagang bunga di Pasar Kembang Kalisari] memang meminta kelonggaran waktu untuk pindah,” kata Sekretaris Dinas Tata Kota dan Perumahan (DTKP) Kota Semarang Irwansyah di Semarang, Rabu (13/7/2016).

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Atas permintaan para pedagang bunga di Pasar Kembang Kalisari itu, lanjut dia, pihaknya memberikan kelonggaran hingga akhir Lebaran 2016 agar semua pedagang bisa segera menempati lahan relokasi di Lapangan Garnisun Kota Semarang. Menurut dia, Lapangan Garnisun sudah disiapkan menjadi tempat relokasi dengan dibangunnya lapak-lapak untuk para pedagang sehingga sebenarnya sudah bisa ditempati untuk beraktvitas berdagang.

“Sebenarnya, lahan relokasi di Lapangan Garnisun sudah rampung dibuat pada pertengaha Juni lalu. Namun, para pedagang menyampaikan alasan ingin mencari tambahan rezeki saat momentum Lebaran,” katanya.

Maka dari itu, lanjut dia, kepindahan pedagang ke tempat relokasi ditunda, namun pada pekan ini seluruh pedagang bunga di Pasar Kembang Kalisari harus sudah menempati tempat yang sudah disediakan. Berkaitan dengan adanya keluhan pedagang dengan lapak yang terbuat dari seng, Irwansyah meminta pedagang maklum karena sifat lapak itu hanya hanya sementara sehingga dibuat secara sederhana.

“Nanti, jika sudah permanen kembali ke tempat semula [pascapenataan], tentunya akan lebih baik, lebih megah, dan lebih representatif sehingga lebih nyaman ditempati untuk berjualan,” katanya. Untuk merelokasi pedagang, kata dia, Pemkot Semarang akan mengerahkan sejumlah armada truk untuk membantu proses kepindahan pedagang di 144 lapak yang sudah disiapkan oleh DTKP Kota Semarang.

Sementara itu, Kartini, pedagang bunga di Pasar Kembang Kalisari Semarang mengatakan perlunya lapak sementara yang disediakan di tempat relokasi perlu dibenahinya sebelum ditempati berdagang. “Sekarang ini yang ada [sudah disediakan] kan cuma lapak untuk bengkel kerja. Belum ada teras untuk memajang bunga-bunga segar. Ya, kami akan membangun dulu dengan biaya pribadi,” katanya.

Diperkirakan, kata dia, proses pembenahan lapak yang akan ditempatinya rampung dalam 2-3 hari ke depan sehingga sudah bisa berkemas dan bersiap untuk menempati lapak sementara pada pekan ini.

 

KLIK dan LIKE di sini untuk lebih banyak berita Semarang Raya

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya