SOLOPOS.COM - Rencana penataan Malioboro dari sisi utara (JIBI/Harian Jogja/Istimewa)

Harianjogja.com, JOGJA- Kepala UPT Malioboro Syarief Teguh Prabowo mengatakan realisasi pedestrian Malioboro akan dilakukan secara bertahap.

Diawali dari Titik Nol hingga nanti diteruskan sampai ujung utara Malioboro.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

“Memang dilakukan bertahap. Kami juga ingin memperoleh respons dari warga sembari Pemda DIY menyiapkan sarananya,” ucapnya, Jumat (24/1/2014).

Dia menambahkan, penutupan akses kendaraan bermotor setiap Minggu pagi ini juga untuk menampakkan kembali Malioboro yang ramah lingkungan.

Hal ini sejalan dengan konsep pedestrian atau menjadikan Malioboro sebagai kawasan pejalan kaki. “Mudah-mudahan nantinya akan ada respons positif dari warga,” harapnya.

Uji coba bebas kendaraan di kawasan sentral ekonomi di Kota Jogja tersebut bakal dilakukan pada Minggu (19/12014) mulai pukul 06.00 WIB.

Namun tidak semua Jl Malioboro akan diberlakukan bebas kendaraan bermotor atau car free day (CFD). Untuk taraf uji coba, jalan mulai Ngejaman hingga Titik Nol Kilometer yang bakal dibebaskan dari kendaraan bermotor.

Dengan begitu, warga bebas beraktivitas di kawasan yang tidak boleh dilewati kendaraan bermotor tersebut. Salah satunya warga bebas berolahraga di tempat itu.

Adapun Kabid Pengendalian Operasi Dinas Perhubungan Kota Jogja, Sugeng Sanyoto mengungkapkan selama penutupan penggal jalan tersebut arus lalu lintas akan dialihkan.

Semua arus kendaraan yang melintasi kawasan tersebut akan dialihkan dan melewati Jalan Pabringan dan Reksobayan.

“Untuk teknisnya kami telah bekerja sama dengan Polresta. Kami harapkan acara ini bisa berjalan dengan lancar,” ucap dia.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya