SOLOPOS.COM - Panduan Informasi dan Inspirasi

Harianjogja.com, JOGJA-Kepala Bidang Cipta Karya DPU DIY Muh Mansur mengatakan lima kelompok pemenang Sayembara Penataan Malioboro akan dilibatkan dalam memberikan masukan penataan kawasan wisata di Jogja tersebut. Berikut ide-ide peserta lomba yang akan diadaptasi.

Teras Budaya
Desain yang ditawarkan oleh juara pertama, berupa pengaturan tata ruang Tugu sebagai ruang publik disebutnya menjadi ide yang akan diterapkan. Dari rancangan tersebut, di bagian tenggara Tugu akan dibangun Golong Gilig atau bangunan asli Tugu).

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Mansur mengatakan, golong gilig tersebut bakal direalisasikan menyusul telah dibebaskannya lahan di tenggara Tugu oleh Dinas Kebudayaan DIY. Namun dia mengaku belum mengetahui persis jadwal mengenai pembangunan fisiknya.

Referensi lain yang ditawarkan Teras Budaya adalah mempermudah orientasi pengunjung di Malioboro dengan membangun Tetenger berupa smart bolard HA-NA-CA-RA-KA berbentuk kotak bewarna merah di sepanjang Maliboro sampai Tugu. Jumlahnya mengikuti jumlah huruf jawa itu sebanyak 20 buah.

Mlampah-mlampah
Terobosan lain adalah dengan membangun sky walk yang mengelilingi Tugu. Referensi ini berdasarkan desain juara kedua dengan judul Mlampah-Mlampah. Sky walk dibangun di atas jalan tapi tidak lebih tinggi dengan Tugu. Untuk menaikinya, pengunjung difasilitasi eskalator.

Kepala Seksi Purbakala Dinas Kebudayaan DIY Dian Laksmi mengingatkan agar desain penataan itu dikoordinasikan dengan berbagai sektor. Terutama kepada Dinas Kebudayaan DIY yang lewat program keistimewaan DIY memiliki konsep menjadikan Malioboro sebagai bagian city of filosofy. Ia menyampaikannya saat hasil lima pemenang dipresentasikan di hadapan publik di Hotel Grage, Jalan Sosrowjiayan pada Selasa (10/6/2014) lalu.

“Koordinasi itu mudah diucapkan, tapi sulit dilaksanakan,” ujarnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya