SOLOPOS.COM - Patung Nyi Ageng Serang di Wates Kulonprogo (JIBI/Harian Jogja/MG Noviarizal Fernandez)

Pemkab Kulonprogo berencana bakal memindahkan Patung Nyi Ageng Serang ke tempat baru. Langkah ini untuk menunjang tata Kota Wates yang baru. (JIBI/Harian Jogja/MG Noviarizal Fernandez)

KULONPROGOTahun ini patung Nyi Ageng Serang di simpang lima Karangnongko, Kota Wates bakal digeser. Hal ini dilakukan dalam rangka penataan kota..

Promosi Berteman dengan Merapi yang Tak Pernah Berhenti Bergemuruh

Ditemui Senin (13/5/2013), Kepala Badan Perencanaan dan Pembangunan Daerah Kulonprogo Agus Langgeng Basuki mengatakan penataan Kota Wates tersebut akan dilakukan secara menyeluruh Akan tetapi karena keterbatasan anggaran, proses penataan dilakukan secara bertahap.

 

Ia melanjutkan, hal pertama kita akan menata taman sekitar Karangnongko. Harapannya patung tersebut semakin menonjol kebeadaannya, sehingga bisa menjadi ikon Kulonprogo.

 

Menurut Langgeng, untuk melakukan peningkatan peran keberadaan patung tersebut, maka dilakukan kajian intensif yaitu bagaimana cara penggeserannya, lokasinya sebelah mana, digeser seluruhnya atau tidak, hingga bagaimana membuat aksesories lainnya.

 

Terpisah, Kepala Dinas Pekerjaan Umum Kuloprogo Sukoco menyatakan, untuk melakukan penggeseran posisi patung tersebut, pihaknya mengganndeng pihak ketiga dalam melakukan perencanaan. Rencananya setelah melakukan perencanaan, penggeseran patung tersebut akan dilakukan tahun ini.

 


Bupati Kulonprogo Hasto Wardoyo mengatakan, latar belakang penggeseran patung tersebut bertujuan agar keberadaan Kulonprogo semakin diketahui masyarakat luas. Menurut dia, selama ini nama Kulonprogo, khususnya wilayah Kota Wates belum dikenal para pendatang.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya