SOLOPOS.COM - Sebuah karya instalasi kupu-kupu dipasang pada langit-langit halte Trans Jogja di Jalan Margomulyo, Yogyakarta, seperti terlihat pada Sabtu (14/6/2014). Pada 2016 mendatang sedikitnya 100 bus baru akan beroperasi.

Penataan Kota Jogja untuk Titik Nol Kilometer terdapat pengalihan jalur trayek Trans.

Harianjogja.com, JOGJA-Unit Pelaksana Tugas (UPT) Trans Jogja, Dinas Perhubungan, Komunikasi, dan Informatika (Dishubkominfo) DIY akan mengalihkan sementara jalur trayek Trans Jogja yang melintasi Jalan Malioboro. Pengalihan trayek ini sebagai imbas dari proyek revitalisasi kawasan Titik Nol Kilometer Jogja tahap kedua.

Promosi Mitsubishi XForce: Stylish untuk Wanita, Praktis buat Ibu Muda

“Bus Trans Jogja yang melintasi Jalan Malioboro ada tiga trayek yakni Trayek 1A, 2A, dan Trayek 3A. Ketiga trayek ini akan dialihkan,” kata Staf UPT Trans Jogja, Toni Hadiwitono, di sela-sela ujicoba pengalihan arus di Jalan Margomulyo, Kamis (22/10/2015).

Diketahui trayek 1A Trans Jogja adalah rute Terminal Prambanan – Bandara Adisucipto – Stasiun Tugu – Malioboro – Jogja Expo Center (JEC).

Trayek 2A adalah Terminal Jombor – Malioboro – Basen – Kridosono – UGM – Terminal Condong Catur. Sementara Trayek 3A adalah Terminal Giwangan – Kotagede – Bandara Adisucipto – Ringroad Utara – MM UGM – Simpang Pingit – Malioboro – Pojok Benteng Kulon.

Toni menjelaskan Trayek1A dan 2A nantinya hanya sampai di halte Kepatihan. Dari halte tersebut yang awalnya langsung ke Titik Nol Kilometer dialihkan lewat Jalan Suryatman (jalan tembus ke Jalan Mataram). Sementara untuk trayek 3A yang biasanya lewat Jalan Margomulyo, selama pengalihan arus juga akan dialihkan melalui Jalan Suryatman.

Ia mengakui pengalihan jalur trayek Trans Jogja itu akan menambah waktu tempuh karena memperpanjang jalur yang dilalui ketiga trayek itu. Namun hal itu, menurut Toni, sudah dikomunikasikan dengan pengelola Trans Jogja.

Jika penumpang trayek 1A, 2A, dan 3A nantinya khawatir telat karena jalur yang dilalui ketiga trayek itu lebih panjang, Toni menyatakan pihaknya akan menyarankan melalui petugas halte agar penumpang bisa pindah ke trayek lain sebelum ketiga trayek itu masuk Jalan Malioboro.

“Nanti di halte sebelum bus masuk Malioboro petugas akan mengarahkan naik bus mana.” ujarnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya