SOLOPOS.COM - JIBI/Harian Jogja/Desi Suryanto Peserta mengikuti tur dalam program Jagalan Tlisih Telusur Kampung Pusaka di Desa Jagalan, Kotagede, Bantul, DI. Yogyakarta, Minggu (29/03/2015). Program kolaborasi antara Arsitek Komunitas Yogyakarta (ArKomJogja) dengan Karang Taruna Desa Jagalan yang didukung oleh AirAsia Foundation itu menggagas tur ke perkampungan dengan arsitektur bersejarah, kuliner dan melihat lebih dekat perajin perak lokal Kotagede. Tur Jagalan Tlisih diselenggarakan setiap Minggu dengan tarif Rp 55.000 dengan reservasi melalui jogja@arkom.or.id

Penataan Jogja menyasar daerah Jeron Benteng hingga Kotagede.

Harianjogja.com, JOGJA — Dinas Pariwisata dan Kebudayaan (Disparbud) Kota Jogja akan membuat jalur budaya Jeron Benteng menuju Kotagede. Rencana tersebut didahului dengan merombak trotoar sepanjang Jalan Parangtritis dari Simpang Pojok Benteng (Jokteng) Wetan sampai Jalan Menukan.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Kepala Disparbud Kota Jogja, Eko Suryo Maharso belum menjelaskan detail perubahan total yang akan dilakukan di Jalan Parangtritis dari Jokteng sampai Jalan Menukan.

Ekspedisi Mudik 2024

“Yang jelas, kedua sisi trotoar kawasan tersebut akan dipasang dengan batu khusus,” kata dia di Balai Kota Jogja, Senin (26/9/2016).

Menurut dia, diawalinya jalur budaya dari Jalan Parangtritis karena di kawasan tersebut selama ini ramai wisatawan mancanegara sehingga harapannya akan memudahkan wisatawan yang akan menuju kawasan budaya Kotagede.

Selain mengubah trotoar Jalan Parangtritis, di sepanjang kawasan tersebut juga akan dibangun beberapa bangunan yang bisa dijadikan galery, pameran lukisan, dan lainnya yang bisa menjadi penanda jalur budaya. Karena itu, kata Eko, pihaknya juga perlu membeli banyak lahan warga.

Sementara ini, Disparbud baru menganggarkan Rp300 juta untuk detail engineering desaign (DED). Setelah itu, baru perombakan Jalan Parangtritis.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya