SOLOPOS.COM - Ilustrasi (JIBI/Dok)

Penebangan puluhan pohon di sepanjang jalan mulai dari Simpang Empat Klodran ke selatan sampai Simpang Empat Gose.

Harianjogja.com, BANTUL
Pemerintah Kabupaten Bantul, akan menebang puluhan pohon perindang yang terdapat di sisi kanan-kiri sepanjang Jalan Sudirman guna mengawali penataan jalan protokol kawasan pusat kabupaten tersebut.

“Penebangan ini dilakukan segera, jadi yang penting dipotong dulu pohon- pohonnya sambil jalan supaya kota Bantul terang, tidak ‘singup’ (gelap) seperti sekarang ini,” kata Bupati Bantul, Suharsono usai menghadiri sebuah acara seperti dikutip Antara, Selasa (21/6/2016).

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Menurut dia, penebangan puluhan pohon di sepanjang jalan mulai dari Simpang Empat Klodran ke selatan sampai Simpang Empat Gose bagian dari awal penataan jalan tersebut karena ke depan jalur itu akan dibuat menjadi dua jalur jalan dengan diberi pembatas di tengah jalan.

Sedangkan kondisi saat ini, sepanjang jalan yang melintasi pusat keramaian masyarakat seperti toko, pasar tradisional serta kantor pemerintah daerah setempat itu terdapat dua jalur lambat dengan dua pembatas di kanan kiri jalan yang pada median itu tumbuh pohon perindang.

“Pemotongan pohon-pohon itu juga berdasarkan masukan dari pihak kepolisian juga yang menilai sudah tidak layak, karena pohon besar-besar itu dikhawatirkan jika ada angin besar bisa roboh dan menimpa orang maupun pemakai jalan,” katanya.

Menurut dia, sebelum penebangan pohon perindang mulai dari simpang empat dekat Masjid Agung Bantul ke selatan sampai simpang empat dekat Kantor DPRD Bantul itu diawali dengan pembersihan akar-akar yang muncul dan merusak aspal, dan saat ini sebagian sudah direalisasikan di bagian selatan.

“Mulai dari Masjid Agung ke selatan sampai simpang Gose itu (akar yang muncul) harus bersih semua, harapannya Lebaran nanti sudah bersih, kemudian bekasnya diaspal lagi, supaya jalan lebih aman dan nyaman dilalui kendaraan,” katanya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya