SOLOPOS.COM - Ilustrasi investasi (JIBI/Harian Jogja/Dok.)

Ilustrasi (Dok/JIBI/Harian Jogja)

Penataan alun-alun dilakukan Pemkab Batang. Pemkab menyiapkan anggaran sedikitnya Rp2 miliar demi menambah keindahan alun-alun tersebut 

Promosi Wealth Management BRI Prioritas Raih Penghargaan Asia Trailblazer Awards 2024

 

Kanalsemarang.com, BATANG – Pemerintah Kabupaten Batang, Jawa Tengah, melalui Anggaran Pendapatan Belanja Daerah 2015 menggelontorkan dana sekitar Rp2 miliar untuk penataan alun-alun setempat.

Kepala Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bappeda) Kabupaten Batang Sabino Suwondo di Batang, Sabtu, mengatakan penataan pembangunan Alun-Alun Batang sudah memasuki tahap terakhir sehingga pekerjaan harus selesai pada tahun ini.

“Penataan pembangunan Alun-Alun Batang sudah ditargetkan selesai pada tahun ini karena pekerjaan sudah dimulai pada tahun sebelumnya,” katanya seperti dikutip Antara, Sabtu (17/1/2015).

Dia menjelaskan anggaran Rp2 miliar itu dialokasikan untuk menyelesaikan tiga item pekerjaan yang masih tersisa, yaitu penyelesaian konstruksi fisik Rp700 juta, pembuatan patung Rp1 miliar, dan pembuatan relief sejarah Kabupaten Batang Rp300 juta.

“Oleh karena itu, penataan Alun-Alun Batang, nantinya menjadi kian representatif baik aspek penataan, kebersihan, dan keasrian. Setidaknya, kondisi Alun-Alun Batang tak lagi terlihat semrawut,’ katanya.

Di luar anggaran Rp2 miliar, pemkab sempat mewacanakan pelibatan pihak ketiga untuk berkontribusi menambah keindahan penataan Alun-Alun Batang, seperti pemasangan lampu sampai videotron.

“Wacana itu masih ada. Akan tetapi saat ini masih digodok oleh instansi terkait karena melibatkan pihak ketiga yang tentunya memuat konsekuensi berkaitan dengan banyak hal, terutama menyangkut peraturan,” katanya.

Menurut dia, selama ini nama Kabupaten Batang relatif tidak populer di daerah lain sehingga pengguna jalan pantura lebih mengenal “Alas Roban”.

“Pengguna jalan pantura, tahunya antara pertengahan Pekalongan dan Semarang ya Alas Roban. Oleh karena itu, dengan penataan alun-alun dapat menjadi ikon yang bisa memperkenalkan nama Batang,” katanya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya