SOLOPOS.COM - Alun-alun Ngawi. (Instagram/@visit_ngawi)

Solopos.com, NGAWI — Tahukah kamu? Alun-Alun Ngawi di Provinsi Jawa Timur ternyata menjadi alun-alun terbesar se-Jawa Timur. Bahkan, Alun-Alun Ngawi menjadi salah satu Objek Daya Tarik Wisata (ODTW) bagi pengunjung dari luar Kabupaten Ngawi.

Luas Alun-Alun Ngawi sekira 68.310 meter persegi. Alun-Alun Ngawi berada di Lingkungan Kluncing, Kelurahan Ketanggi, Kecamatan Ngawi, Kabupaten Ngawi.

Promosi Mitsubishi XForce: Stylish untuk Wanita, Praktis buat Ibu Muda

Nah, kira-kira ada apa saja di Alun-Alun Ngawi yang menjadi alun-alun terbesar se-Jawa Timur?

Baca Juga : Tahukah Kamu? Ternyata, Alun-Alun Ngawi Terbesar se-Jawa Timur Lo…

Dikutip dari laman Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Ngawi, Senin (24/1/2022), Bupati berharap dapat memberikan fasilitas terbaik bagi masyarakat yang mengunjungi Alun-Alun Ngawi. Masyarakat yang mengunjungi Alun-Alun Ngawi terbesar se-Jawa Timur tidak perlu mengeluarkan biaya.

Alun-Alun Ngawi memiliki bermacam-macam fasilitas. Seperti, arena permainan anak yang rekreatif dan atraktif. Tak hanya menjadi kawasan publik, Alun-Alun Ngawi juga dapat menjadi tempat konser musik berbagi genre.

Konsep Alun-Alun Ngawi terbuka sehingga cocok bagi masyarakat, terutama kawula muda yang ingin beraktivitas di tanah lapang. Masyarakat bisa sekadar duduk-duduk melepas penat, berbincang santai bersama teman maupun keluarga, olahraga, atau berfoto.

Baca Juga : Ini 9 Wisata Ciamik di Ngawi, Ada Pesona Alam dan Kerajinan Kayu Jati

Dikutip dari Harian Jogja, Alun-Alun Ngawi menyuguhkan hiburan untuk anak-anak maupun orang dewasa. Alun-Alun Ngawi menyediakan spot taman bermain dilengkapi wahana permainan anak.

Kalau mau berkunjung ke Alun-Alun Ngawi, sangat disarankan pada malam hari. Alun-Alun Ngawi akan ramai dikunjungi orang saat malam hari.

Tak hanya itu, pedagang kaki lima (PKL) juga menjajakan beragam kuliner di kawasan alun-alun terbesar se-Jawa Timur ini. Seperti, tahu tepo, sate, martabak, serabi, dan masih banyak lagi. Alun-Alun Ngawi juga menyiapkan arena olahraga, seperti jogging dan mengendarai sepeda hias.

Baca Juga : Kriuk! Camilan Keripik Tempe Khas Ngawi, Sudah Pernah Coba?

Konsep Gapura Alun-Alun Ngawi

Oh iya, Alun-Alun Ngawi juga menawarkan pemandangan yang Instagramable. Salah satunya, Gapura Alun-Alun Ngawi. Gapura itu akan terlihat ciamik dan cantik pada malam hari.

Pemkab Ngawi memasang lampu warna warni untuk mempercantik Gapura Alun-Alun Ngawi. Pemkab Ngawi mengusung konsep tertentu berkaitan dengan gerbang Alun-Alun Ngawi. Konsep tersebut diadopsi dari elemen-elemen dasar yang menjadi ikon Kabupaten Nagwi, yakni Benteng Pendem dikolaborasikan dengan manusia purba Pithecanthropus Erectus.

Pengunjung juga dapat menikmati fasilitas Wifi yang disediakan salah satu operator telekomunikasi. Jadi, setelah swafoto, Anda dapat langsung mengunggah foto tersebut ke akun media sosial masing-masing.

Baca Juga : Air Terjun Pengantin di Ngawi dan Mitos Tentang Hubungan yang Semakin Langgeng

Sudah bisa membayangkan mengapa Alun-Alun Ngawi menjadi tempat favorit bagi pelancong saat berada di Kabupaten Ngawi, kan.

Informasi lain menyebutkan bahwa Alun-Alun Ngawi didesain menyerupai sumbu simetris. Konsep tatanan Jawa, yakni Catur Gatra menjadikan pusat pemerintahan, lembaga permasyarakatan, masjid, dan alun-alun saling berdekatan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya