Penasaran dengan Medsos Viral Clubhouse? Begini Cara Kerja
Clubhouse. (Insidehook.com)

Solopos.com, SOLO — Clubhouse menjadi aplikasi media sosial paling banyak dibicarakan beberapa hari terakhir. Clubhouse yang merupakan aplikasi dengan cara kerja berbasis audoi ini menjadi populer setelah kemunculan akun Elon Musk, CEO Tesla dan SpaceX.

Dilansir The Guardian, pengguna Clubhouse dapat mendengarkan percakapan, wawancara, dan diskusi antara orang-orang yang menarik tentang berbagai topik. Anda seperti mendengarkan podcast live atau secara langsung dan dengan lapisan eksklusivitas.

Baca Juga: Dianggap Jadi Penyebab Kecelakaan, Bangunan di Pinggir Rel KA Kalijambe Sragen Diminta Ditertibkan

Clubhouse hanya untuk undangan. Anda tidak bisa hanya mengunduhnya dari App Store dan membuat akun. Sama seperti klub negara atau kapal pesiar di kehidupan nyata, Anda harus diundang untuk bergabung dengan anggota yang sudah ada.

Berbeda dengan LINE atau WhatsApp yang berbasis teks, cara kerja Clubhouse lebih difokuskan pada konten audio untuk berinteraksi.

Uniknya, aplikasi ini merupakan aplikasi untuk mendengarkan obrolan, wawancara, atau diskusi mengenai berbagai topik secara live. Jadi Anda bisa secara langsung mendengarkan siaran yang tengah dilakukan oleh penyelenggara.

Meski demikian, aplikasi ini dapat dikatakan eksklusif, karena baru dapat digunakan oleh user iOS dan tidak bisa secara langsung membuat akun dan mendengarkan konten yang tersedia.

Cara Kerja Clubhouse

Cara kerjanya sebenarnya sederhana. Misalkan Anda sudah memiliki akun, Anda akan menerima rekomendasi obrolan yang akan terjadi dalam waktu dekat. Rekomendasi ini didasarkan pada pemilihan yang Anda lakukan di bagian awal pendaftaran, sehingga topik yang Anda sukai akan muncul lebih sering.

Baca Juga: Terkait Konflik Bau Kotoran Babi di Desa Nangsri, Begini Respons Pemkab Karanganyar

Nantinya Anda bisa bergabung dalam panggilan bersama, dan bisa mendengarkan materi yang disampaikan oleh narasumber. Hanya beberapa orang yang akan berbicara, dan sisanya berperan sebagai peserta yang mendengarkan.

Di sinilah letak value dari meeting dan podcast yang disiarkan, karena Anda hanya bisa bergabung dengan undangan user lain, dan topik yang dibicarakan benar-benar berasal dari sumber yang kredibel.

Setelah Anda membuat akun, Anda akan disajikan berbagai tema dan topik obrolan yang nantinya akan jadi referensi utama undangan podcast yang akan diadakan. Anda juga akan memiliki dua kesempatan mengundang pengguna baru ketika sukses membuat akun Clubhouse.

Ekslusifitas yang dimiliki aplikasi Clubhouse sendiri dinilai menjadi dasar kuat mengapa valuasi dari aplikasi ini begitu besar, meski penggunanya belum terlalu banyak. Di beberapa negara, bahkan undangan pengguna baru Clubhouse sampai diperjualbelikan.

Baca Juga: Heboh Beli Kafe Bonus Istri di Blitar, Harganya Rp2,9 Miliar

Ya, nilai dari undangan ini sudah cukup tinggi, mengingat kontennya yang benar-benar berbobot. Jadi, apa Anda tertarik untuk turut bergabung dalam aplikasi media sosial ini? Demikian lah penjelasan tentang aplikasi Clubhouse.

Cara Daftar

Untuk bergabung, pengguna Clubhouse yang sudah ada harus mengirim undangan dari aplikasi mereka untuk memberi Anda akses untuk membuat akun. Jika diundang, Anda akan melihat link yang dikirim ke nomor telepon Anda, mengarahkan Anda ke halaman pendaftaran di aplikasi.

Namun, pengguna Clubhouse tidak dapat hanya mengirim undangan kepada siapa saja yang ingin bergabung. Pengguna yang sudah ada hanya memiliki dua undangan yang tersedia pada awalnya.

Dalam postingan blog baru-baru ini, pembuat aplikasi Clubhouse telah mengumumkan, tujuan tahun 2021 mereka adalah menyelesaikan tahap beta aplikasi, sehingga pada akhirnya mereka dapat “membuka Clubhouse ke seluruh dunia”.

Baca Juga: Warganya Ramai-Ramai Borong Mobil, Desa Sumurgeneng Tuban Kini Disebut Kampung Miliarder

Aplikasi Clubhouse masih sangat terbatas karena pengguna harus bergabung secara langsung dan percakapan tidak disimpan. Ditambah lagi, orang yang hendak bergabung di Clubhouse harus diundang oleh seseorang yang sudah memiliki akun.

Seseorang masih dapat mengunduh aplikasi dan dapat memasukkan nama mereka dalam daftar tunggu, tetapi tidak ada jaminan bahwa mereka akan segera mendapatkan akun dengan cara itu.



Berita Terkini Lainnya








Kolom