SOLOPOS.COM - Panduan Informasi dan Inspirasi

Harianjogja.com, SLEMAN-Sebanyak 40 duta Kabupaten Sleman akan mengikuti Pekan Nasional Kelompok Tani Nelayan Andalan (PENAS-KTNA) XIV di Desa Kedung Padaringan, Kecamatan Kepanjen, Kabupaten Malang, Jawa Timur.

Tim yang akan mengikuti PENAS-KTNA pada 7-12 Juni 2014 tersebut dipimpin Kepala Dinas Pertanian, Perikanan, dan Kehutanan (DPPK) Kabupaten Sleman, Widi Sutikno.

Promosi Vonis Bebas Haris-Fatia di Tengah Kebebasan Sipil dan Budaya Politik yang Buruk

Selain 5 pendamping dari DPPK Sleman, 35 peserta merupakan petani yang dinilai berhasil merintis usaha pertanian, perikanan, dan kehutanan.

“PENAS-KTNA ini bertujuan agar ada jalinan komunikasi antar petani dengan nelayan, serta petani-nelayan dengan pengusaha, pemerintah, dan pengambil kebijakan,” kata Widi Sutikno, Senin (2/6/2014).

Widi Sutikno berharap dengan mengikuti PENAS-KTNA, petani dapat meningkatkan nilai tambah produksi maupun penjualan hasil produksi. “Dengan begitu petani bisa semakin sejahtera dan meningkat taraf kehidupannya di masa mendatang,” ungkapnya.

Sementara itu dalam sambutannya, Bupati Sleman, Sri Purnomo menyampaikan PENAS-KTNA menjadi ajang yang tepat untuk mengembangkan kemitraan.

Terlebih karena acara tersebut diikuti oleh berbagai organisasi profesi, penyuluh swasta, pemerhati pertanian, perikanan, dan kehutanan serta pelaku agribisnis.

Sri Purnomo menambahkan PENAS-KTNA tersebut bukan hanya ajang pengenalan produk. Kegiatan itu bisa menjadi forum pertemuan para petani sebagai wadaah kegiatan belajar-mengajar, saling tukar informasi, pengalaman, serta pengembangan kemitraan dan jejaring kerjasama.

“Momen itu hendaknya dimanfaatkan untuk memperkaya referensi guna pengembangan diri serta memperkuat jejaring yang ada,” pesannya. (Rima Sekarani/JIBI/Harian Jogja)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya