SOLOPOS.COM - Roki Aprisdianto (voa-islam.com)

Roki Aprisdianto (voa-islam.com)

JAKARTA – Kepala Kepolisian Negara Republik Indonesia (Kapolri) Jenderal Pol Timur Pradopo mengatakan bahwa terpidana teroris Roki alias Atok Prabowo, teroris yang ditangkap adalah orang yang mengerti betul dalam membuat bom yang membahayakan.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

“Dia adalah generasi Noordin M Top yang tahu betul membuat bom yang membahayakan,” kata Timur di Mako Brimob Kelapa Dua, Depok, Rabu. Kapolri mengakui bahwa kaburnya Roki dari ruang tahanan yang terletak di lantai empat Rutan Polda Metro Jaya adalah kelalaian anggota yang bertugas. “Itu kelalaian, tapi kita tebus dengan waktu tidak sampai satu bulan sudah menangkapnya. Terima kasih kepada masyarakat yang sudah memberikan informasi,” tegas Timur.

Terkait ancaman teroris pada akhir tahun ini, Polri telah melakukan antisipasi dan masyarakat bisa menikmati perayaan akhir tahun dengan aman, katanya.

Roki ditangkap di terminal bus Madiun Kota, Senin (10/12/2012) jam 19.30 WIB dalam perjalanan dari Surabaya ke Solo naik bis Mira dengan nomor polisi S-7288-SU. Roki sebelumnya berhasil kabur dari Rumah Tahanan Polda Metro Jaya dengan menyamar menggunakan busana perempuan bercadar, Selasa (6/11/2012). Dia menyelinap keluar bersama sejumlah perempuan bercadar yang sebelumnya datang ke Rutan untuk menengok keluarga mereka.

Roki adalah terpidana yang sudah divonis enam tahun oleh pengadilan. Roki adalah anggota jaringan teroris Klaten yang ditangkap pada akhir 2010 dan divonis 2011 lalu. Saat kejadian,?sejumlah orang menjenguk Roki di ruang tahanan yang terletak di lantai empat Rutan Polda Metro Jaya. Tak adanya batasan berapa jumlah pengunjung yang boleh menjenguk menyebabkan mereka yang berjumlah lebih dari sepuluh orang diizinkan masuk.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya