PENANGKAPAN TERDUGA TERORIS : Keluarga Terduga Teroris di Prambanan Shock

 Polisi berjaga-jaga di depan bengkel las yang digerebek oleh anggota Densus 88 di Dusun Sumber Wetan, RT 012/ RW 006, Desa Sumber, Kecamatan Trucuk, Kamis (15/5) pagi. Tiga orang terduga teroris berhasil ditangkap berserta barang bukti. (ilustrasi/JIBI/Solopos/dok)

SOLOPOS.COM - Polisi berjaga-jaga di depan bengkel las yang digerebek oleh anggota Densus 88 di Dusun Sumber Wetan, RT 012/ RW 006, Desa Sumber, Kecamatan Trucuk, Kamis (15/5) pagi. Tiga orang terduga teroris berhasil ditangkap berserta barang bukti. (ilustrasi/JIBI/Solopos/dok)

Solopos.com, KLATEN--Penangkapan terduga teroris, Joko Purwanto, 37, oleh Detasemen Khusus (Densus) 88 pada Kamis (15/5/2014) lalu di Kecamatan Trucuk membuat shock pihak keluarga. Keluarga Joko Purwanto yang tinggal di Dusun Mbelan RT 001/ RW 004, Desa Sengon, Kecamatan Prambanan pun menjadi tertutup setelah mengetahui kerabatnya diduga terlibat jaringan terorisme.

Pantauan solopos.com di lokasi, Senin (19/5/2014), rumah keluarga Joko tampak sepi. Hampir tidak ada sama sekali aktivitas di luar rumah berwarna merah muda tersebut. Usaha yang dijalankan keluarga berupa toko kelontong di rumah tersebut juga ditutup rapat-rapat.

Salah seorang wanita berjilbab pun keluar setelah solopos.com beberapa kali mengetuk pintu rumah tersebut. Wanita itu mengaku kakak dari Haryati, istri Joko Purwanto.

Dia pun meminta maaf karena adeknya, Haryati, belum bisa ditemui karena masih shock setelah rumahnya digeledah pada Minggu (18/5) malam. Saat penggeledahan itu pula pihak keluarga baru mengetahui jika Joko Purwanto ditangkap Densus 88 pada Kamis (15/5) pagi di Kecamatan Trucuk karena dituding terlibat jaringan terorisme.

“Mohon maaf karena istrinya (Haryati) belum bisa ditemui karena masih lelah dan terguncang,” papar wanita yang enggan disebutkan namanya tersebut kepada wartawan di lokasi, Senin.

Dia juga mengaku kaget dengan penangkapan kerabatnya tersebut. “Saya kaget dan baru hari ini (kemarin) ke sini dan tidak begitu mengetahui kejadiannya,” imbuhnya.

Sementara, Kepala Dusun 4 Desa Sengon, Supar Hadi Mulyono, mengaku tidak percaya dengan ditangkapnya salah satu warga asli Prambanan tersebut. Menurutnya, Joko Purwanto adalah warga yang baik dan pintar bergaul dengan masyarakat.

Bahkan, Joko Purwanto juga pernah dipercaya oleh masyarakat menjadi ketua RT beberapa tahun lalu. “Pak Joko adalah warga asli di Dusun Mbelan, Desa Sengon. Saya kenal orangnya sangat baik karena saya tinggal satu RW dengannya. Jadi, masih tidak percaya jika dia ditangkap Densus,” katanya kepada solopos.com di kantor desa setempat, Senin.

Selain itu, lanjut dia, Joko Purwanto adalah warga yang rajin beribadah. “Dia sering mengisi pengajian, imam dan khotbah Jumat di masjid,” terangnya.

Berita Terkait

Berita Terkini

Berada di Grup Neraka, Hizbul Wathan Waspadai Persis Solo

Persis Solo sebagai tuan rumah dinilai menjadi tim paling diwaspadai oleh Hizbul Wathan FC dan dinilai sebagai tim terkuat.

6 Jenis Permainan di Squid Game Ini Dijamin Bikin Jantung Berdebar

Para peserta diharuskan lolos melewati 6 jenis permainan di Squid Game ini, jika tak lolos maka nyawa taruhannya.

Kata Rossi Soal Balapan di Mandalika: Jika Panas, Bisa Terjun ke Laut!

Indonesia dikabarkan akan menjadi salah satu tuan rumah Moto GP pada musim depan. Gelaran itu akan dilangsungkan di Sirkuit Mandalika, Lombok, Nusa Tenggara Barat.

Agrowisata Desa Pasung Klaten Punya Koleksi 1.000 Lebih Tanaman Buah

Desa Pasung, Kecamatan Wedi, Klaten mengembangkan agrowisata, sejak empat tahun terakhir. Hingga sekarang, Desa Pasung telah memiliki lebih dari 1.000 tanaman buah.

Ngeri! Ratusan Sarang Tawon Vespa Diamankan Damkar Wonogiri

Ratusan sarang tawon vespa di Wonogiri telah dievakuasi anggota damkar dalam kurun waktu Januari hingga September 2021.

Solo Tuan Rumah Liga 2, Ini Pesan Gibran untuk Suporter

Pasoepati dan warga Solo, diminta menjadi tuan rumah yang baik terkait penyelenggaraan pertandingan Grup C Liga 2 tahun 2021 di Stadion Manahan.

Setia Mendampingi Sang Ayah, Ini Sosok Putra Tukul yang Jadi Polisi

Ega Prayudhi memang selalu setia mendampingi sang ayah yang sedang terbaring sakit. Pria gagah tersebut merupakan anggota kepolisian.

Jahanam! Ustaz di Trenggalek Cabuli 34 Santriwati Pakai Dalil Ini

Seorang ustaz di Trenggalek cabuli 34 santriwati dengan dalil murid harus menurut kepada guru.

Jangan Kelewatan! Persis Solo Vs AHHA PS Pati Disiarkan Indosiar

Pertandingan pembuka Liga 2 Indonesia musim ini antara Persis Solo melawan AHHA PS Pati akan disiarkan langsung oleh stasiun televisi Indosiar.

Bupati Wonogiri Beri Sinyal Siswa Boleh Naik Angkot Saat PTM

Saat pembelajaran tatap muka (PTM) nanti berlangsung, siswa di Wonogiri akan diperkenankan naik transportasi umum.

Akibat Korsleting Listrik, Kandang Kambing di Sambirejo Sragen Hangus

Kebakaran menghanguskan kandang kambing milik, Pranoto, 45, warga Jatirejo RT 004, Blimbing, Sambirejo, Sragen.

Hasil Liga 1 2021-2022: PSIS Semarang Tahan Imbang Arema FC 0-0

Arema FC harus puas berbagi poin setelah ditahan imbang PSIS Semarang

Berat Badan Tentukan Risiko Terkena Flu, Ini Penjelasannya

Sebenarnya, orang-orang dari semua kelompok umur sama-sama punya risiko terkena flu.

Siap-Siap, Disdik Kota Solo akan Tes Covid-19 Acak di Sekolah

Dinas Pendidikan (Disdik) Kota Solo berencana mengadakan uji swab deteksi Covid-19 secara acak (random test) terhadap warga sekolah.

Pasar Janglot Tangen Sragen Terbakar, 50 Los/Kios Ludes

Kebakaran yang terjadi Sabtu (25/9/2021) pukul 23. 20 WIB

Ciamik! Colomadu Dirancang Jadi Solo Baru-nya Karanganyar

Bupati Karanganyar berencana menjadikan Kecamatan Colomadu sebagai pusat industri dan perdagangan selayaknya Solo Baru.