PENANGKAPAN TERDUGA TERORIS : Keluarga Terduga Teroris di Prambanan Shock

 Polisi berjaga-jaga di depan bengkel las yang digerebek oleh anggota Densus 88 di Dusun Sumber Wetan, RT 012/ RW 006, Desa Sumber, Kecamatan Trucuk, Kamis (15/5) pagi. Tiga orang terduga teroris berhasil ditangkap berserta barang bukti. (ilustrasi/JIBI/Solopos/dok)

SOLOPOS.COM - Polisi berjaga-jaga di depan bengkel las yang digerebek oleh anggota Densus 88 di Dusun Sumber Wetan, RT 012/ RW 006, Desa Sumber, Kecamatan Trucuk, Kamis (15/5) pagi. Tiga orang terduga teroris berhasil ditangkap berserta barang bukti. (ilustrasi/JIBI/Solopos/dok)

Solopos.com, KLATEN--Penangkapan terduga teroris, Joko Purwanto, 37, oleh Detasemen Khusus (Densus) 88 pada Kamis (15/5/2014) lalu di Kecamatan Trucuk membuat shock pihak keluarga. Keluarga Joko Purwanto yang tinggal di Dusun Mbelan RT 001/ RW 004, Desa Sengon, Kecamatan Prambanan pun menjadi tertutup setelah mengetahui kerabatnya diduga terlibat jaringan terorisme.

Pantauan solopos.com di lokasi, Senin (19/5/2014), rumah keluarga Joko tampak sepi. Hampir tidak ada sama sekali aktivitas di luar rumah berwarna merah muda tersebut. Usaha yang dijalankan keluarga berupa toko kelontong di rumah tersebut juga ditutup rapat-rapat.

Salah seorang wanita berjilbab pun keluar setelah solopos.com beberapa kali mengetuk pintu rumah tersebut. Wanita itu mengaku kakak dari Haryati, istri Joko Purwanto.

Dia pun meminta maaf karena adeknya, Haryati, belum bisa ditemui karena masih shock setelah rumahnya digeledah pada Minggu (18/5) malam. Saat penggeledahan itu pula pihak keluarga baru mengetahui jika Joko Purwanto ditangkap Densus 88 pada Kamis (15/5) pagi di Kecamatan Trucuk karena dituding terlibat jaringan terorisme.

“Mohon maaf karena istrinya (Haryati) belum bisa ditemui karena masih lelah dan terguncang,” papar wanita yang enggan disebutkan namanya tersebut kepada wartawan di lokasi, Senin.

Dia juga mengaku kaget dengan penangkapan kerabatnya tersebut. “Saya kaget dan baru hari ini (kemarin) ke sini dan tidak begitu mengetahui kejadiannya,” imbuhnya.

Sementara, Kepala Dusun 4 Desa Sengon, Supar Hadi Mulyono, mengaku tidak percaya dengan ditangkapnya salah satu warga asli Prambanan tersebut. Menurutnya, Joko Purwanto adalah warga yang baik dan pintar bergaul dengan masyarakat.

Bahkan, Joko Purwanto juga pernah dipercaya oleh masyarakat menjadi ketua RT beberapa tahun lalu. “Pak Joko adalah warga asli di Dusun Mbelan, Desa Sengon. Saya kenal orangnya sangat baik karena saya tinggal satu RW dengannya. Jadi, masih tidak percaya jika dia ditangkap Densus,” katanya kepada solopos.com di kantor desa setempat, Senin.

Selain itu, lanjut dia, Joko Purwanto adalah warga yang rajin beribadah. “Dia sering mengisi pengajian, imam dan khotbah Jumat di masjid,” terangnya.

Berita Terkait

Espos Premium

Ini Pandangan Pemimpin Uni Soviet Khruschev Soal Sepak Terjang PKI

Ini Pandangan Pemimpin Uni Soviet Khruschev Soal Sepak Terjang PKI

Pemimpin Uni Soviet, Nikita Khruschev, menilai aksi militer oleh PKI dengan G30S/PKI adalah kecerobohan karena tidak memahami situasi politik aktual di Indonesia. Media-media Uni Soviet menyebut PKI beraksi atas arahan pemimpin China, Mao Zedong.

Berita Terkini

Ini Pandangan Pemimpin Uni Soviet Khruschev Soal Sepak Terjang PKI

Pemimpin Uni Soviet, Nikita Khruschev, menilai aksi militer oleh PKI dengan G30S/PKI adalah kecerobohan karena tidak memahami situasi politik aktual di Indonesia. Media-media Uni Soviet menyebut PKI beraksi atas arahan pemimpin China, Mao Zedong.

Persis Solo Vs AHHA PS Pati Juga Disiarkan Streaming Loh, Ini Linknya

Pertandingan pembuka Liga 2 Indonesia musim ini antara Persis Solo melawan AHHA PS Pati akan digelar di Stadion Manahan Solo.

Ada DPC PDIP di Jateng Dukung Ganjar, Ini Komentar Wawali Solo

Wawali Solo Teguh Prakoso yang juga Sekretaris DPC PDIP Solo menanggapi ihwal dukung mendukung Ganjar Pranowo di Pilpres 2024.

Sejumlah Event Besar bakal Digelar di Borobudur, Vaksinasi Dipercepat

Pemprov Jawa Tengah akan mempercepat cakupan vaksinasi di kawasan Candi Borobudur karena sejumlah agenda atau event wisata bakal digelar.

Umat Hindu Gelar Sembahyang di Yoni Terdampak Jalan Tol Solo-Jogja

Ibadah digelar dengan khusyuk mengelilingi yoni yang berada di tengah sawah

BP Jamsostek Cabang Surakarta Bayar Klaim JHT 22.310 Peserta

Sebanyak 22.310 orang telah melakukan pencairan klaim JHT pada Badan Penyelenggara Jaminan Sosial Tenaga Kerja (BP Jamsostek) Kantor Cabang Surakarta.

Bangkitkan Gairah Persis Solo Juara Liga, Banner Dukungan Bertebaran

Kompetisi Liga 2 Indonesia yang kembali bergulir membuat para pendukung Persis Solo bergerak menyuarakan dukungan dengan berbagai ekspresi.

Selain Bhre-Paundra, Sosok Ini Dinilai Layak Pimpin Mangkunegaran Solo

Selain Bhre dan Paundra yang merupakan putra Mangkunagoro IX, ada sosok lain yang dianggap layak memimpin Pura Mangkunegaran Solo.

Berada di Grup Neraka, Hizbul Wathan Waspadai Persis Solo

Persis Solo sebagai tuan rumah dinilai menjadi tim paling diwaspadai oleh Hizbul Wathan FC dan dinilai sebagai tim terkuat.

6 Jenis Permainan di Squid Game Ini Dijamin Bikin Jantung Berdebar

Para peserta diharuskan lolos melewati 6 jenis permainan di Squid Game ini, jika tak lolos maka nyawa taruhannya.

Kata Rossi Soal Balapan di Mandalika: Jika Panas, Bisa Terjun ke Laut!

Indonesia dikabarkan akan menjadi salah satu tuan rumah Moto GP pada musim depan. Gelaran itu akan dilangsungkan di Sirkuit Mandalika, Lombok, Nusa Tenggara Barat.

Agrowisata Desa Pasung Klaten Punya Koleksi 1.000 Lebih Tanaman Buah

Desa Pasung, Kecamatan Wedi, Klaten mengembangkan agrowisata, sejak empat tahun terakhir. Hingga sekarang, Desa Pasung telah memiliki lebih dari 1.000 tanaman buah.

Ngeri! Ratusan Sarang Tawon Vespa Diamankan Damkar Wonogiri

Ratusan sarang tawon vespa di Wonogiri telah dievakuasi anggota damkar dalam kurun waktu Januari hingga September 2021.

Solo Tuan Rumah Liga 2, Ini Pesan Gibran untuk Suporter

Pasoepati dan warga Solo, diminta menjadi tuan rumah yang baik terkait penyelenggaraan pertandingan Grup C Liga 2 tahun 2021 di Stadion Manahan.

Setia Mendampingi Sang Ayah, Ini Sosok Putra Tukul yang Jadi Polisi

Ega Prayudhi memang selalu setia mendampingi sang ayah yang sedang terbaring sakit. Pria gagah tersebut merupakan anggota kepolisian.